Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telapak Kaki Selalu Sakit Saat Bangun Tidur

Kompas.com - 07/02/2011, 10:22 WIB

TANYA : 

Dok saya ingin bertanya, pergelangan tangan dan telapak kaki saya tiap hari sakit bila bangun tidur. Tetapi setelah saya makan obat sembuh, dan bila berhenti obatnya akan kambuh lagi, penyakit apakah ini? dan sebaiknya cek ke dokter spesialis bagian apa? Karena saya sudah pernah cek darah, hasilnya tidak ada rematik dan asam urat pun gak ada.  Terima kasih ya dok atas jawabannya.

Eny, 28, Pekanbaru

JAWAB :

Mbak Eny yang baik, kaku yang anda alami pada beberapa sendi kecil (jari tangan/kaki, pergelangan tangan kaki) pada pagi hari seringkali dihubungkan dengan suatu penyakit yang disebut Rheumatoid Arthritis, yaitu suatu penyakit autoimun yang menyerang sendi-sendi kecil dan dapat menyebabkan penyakit sistemik.

Memang, kasus RA sering dijumpai pada wanita usia muda dengan berbagai gejala klinis dan dapat memberikan dampak yang kurang baik untuk sendi maupun organ tubuh lainnya.

Menurut saya, cobalah Anda periksakan ke dokter penyakit dalam terlebih dahulu untuk menegakkan penyakit anda dengan beberapa pemeriksaan darah, bahkan difoto radiologi bila perlu.   Yang perlu anda ketahui bahwa adanya nyeri sendi tidak selalu berhubungan dengan asam urat maupun kolesterol seperti yang sering diduga banyak orang. Semoga jawaban saya bisa membantu Anda ya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com