Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Melawan Kanker, Makan Juga Tunas Brokoli

Kompas.com - 07/02/2011, 16:10 WIB

KOMPAS.com - Brokoli sering disebut sebagai salah satu bahan makanan yang ampuh mencegah -bahkan menyembuhkan- kanker. Sayuran hijau ini memang kaya akan nutrisi, terdiri atas serat, vitamin C, dan beta karoten. Brokoli juga mengandung sulforaphane dan myrosinase, yang jika digabungkan, akan memberikan sayuran ini manfaat antikankernya.

Agar semua nutrisi ini bisa terserap dengan baik dan mampu memberikan manfaat utamanya, bagaimana cara memasaknya?

Jika dimasak kelewat matang, myrosinase atau agen pelawan kanker pada brokoli ini bisa rusak. Agar manfaat ini tidak hilang, kukuslah brokoli selama 2-4 menit, jauh sebelum sayuran menjadi lembek. Kemudian, menurut penelitian dari University of Illinois yang diterbitkan di jurnal Nutrition and Cancer, konsumsi tiga sampai lima porsi brokoli ini dalam seminggu.

Para peneliti juga menyarankan untuk menaburi brokoli dengan tunasnya, yang tak kalah berkhasiat. Pada tunas brokoli itulah myrosinase banyak didapat, dan hampir melipatgandakan agen pencegah kanker tadi. Sumber-sumber myrosinase lainnya adalah daun arugula (biasa disebut rocket, yang populer dalam hidangan Italia), lobak, mustar, dan wasabi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com