Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Haid, Daerah Intim Gatal

Kompas.com - 08/02/2011, 08:52 WIB

KOMPAS.com - "Saya mengalami iritasi pembalut. Usai haid, daerah intim saya sering terasa gatal. Selama ini saya mengatasinya dengan cairan pembersih vagina, tapi belakangan sudah tidak banyak membantu. Akhirnya, saya menggunakan sabun antiseptik. Apa saran dokter untuk mengatasi masalah ini?" (Catherine Budiono, via e-mail)

Dijawab oleh: Dr Caroline Tirtajasa, SpOG, dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan RS Omni Medical Centre, Pulomas, Jakarta

Rasa gatal yang timbul sesudah haid biasanya disebabkan iritasi akibat darah haid itu sendiri. Darah haid adalah media yang sangat baik untuk pertumbuhan kuman, termasuk jamur. Coba periksa diri Anda, apakah ada infeksi jamur kulit di sekitar organ intim dan selangkangan? Jika ada, infeksi jamur itulah yang perlu diobati.

Sebenarnya, penggunaan sabun untuk membersihkan area intim tidak banyak mengundang masalah dan tidak lantas akan membuat jamur penyebab iritasi jadi kebal setelah sabun digunakan dalam jangka waktu lama. Yang perlu diperhatikan, apabila keluhan Anda membaik setelah menggunakan sabun antiseptik, teruskan pemakaiannya hanya selama masa haid. Sebab, jika berkepanjangan bisa membuat flora normal di dalam vagina mati dan nantinya malah menimbulkan problem keputihan. Saran lain, pilih sabun yang tidak membuat kulit kering, karena kulit yang kering juga akan menimbulkan rasa gatal. Sering-seringlah juga mengganti pembalut selama haid. Jangan biarkan pembalut penuh seharian karena darah haid akan mengiritasi kulit.

Yang juga penting adalah membasuh organ intim dengan air bersih setelah buang air. Anda bisa membawa sebotol air mineral ukuran 300 ml, dan masukkan ke dalam tas. Ini cukup untuk membersihkan organ intim dari pagi hingga sore.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com