Berapa Sih Tarif Perencana Keuangan? - Kompas.com

Berapa Sih Tarif Perencana Keuangan?

Kompas.com - 16/02/2011, 13:31 WIB

KOMPAS.com - Bantuan profesional kadang-kadang dibutuhkan seseorang untuk menyelesaikan masalah pribadi, termasuk untuk memperbaiki kondisi keuangan yang semakin kusut. Misalnya dengan mengikuti berbagai seminar keuangan, belajar mengubah kebiasaan secara mandiri, atau lainnya. Jika pada akhirnya Anda membutuhkan bantuan perencana keuangan tak perlu ragu menjalani tahapan ini. Bagaimana pun Anda membutuhkan pakar di bidangnya untuk membantu menelaah masalah yang tak lagi mampu diatasi sendiri.

Biaya menjadi salah satu pertimbangan ketika memutuskan perlu mendatangi perencana keuangan. Mengeluarkan biaya tertentu untuk memperbaiki kondisi finansial rasanya sepadan dengan hasil akhirnya nanti. Berapa besar biaya yang harus Anda siapkan akan bergantung pada kebutuhan, kemampuan, serta tingkat kesulitan kasus.

Perencana keuangan Aidil Akbar Madjid, pemilik Akbar's Financial Check Up mengatakan, setiap orang mampu mendapatkan layanan perencanaan keuangan. Mulai karyawan dengan gaji Rp 2 juta per bulan hingga eksekutif dengan penghasilan puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Perencana keuangan Ligwina Poerwo-Hananto juga menjelaskan bahwa tarif perencanaan keuangan bervariasi tergantung kebutuhan klien. Bisa hanya dengan konsultasi per jam atau menyusun rencana keuangan dalam periode satu tahun, misalnya.

Sebagai gambaran, tarif konsultasi per jam dengan perencana keuangan mulai Rp 300.000 hingga Rp 750.000.

Merencanakan keuangan sesuai kebutuhan
Setelah berkonsultasi, Anda bisa mengenali kebutuhan keuangan lebih teliti, termasuk dalam perencanaan keuangannya. Jika membutuhkan rencana keuangan praktis dan lengkap dalam kurun waktu satu tahun misalnya, QMFinansial milik Ligwina punya solusinya. Biayanya mulai Rp 7,5 juta - Rp 50 juta, kata Ligwina.

Jika Anda ingin mengecek kesehatan keuangan Anda, konsep pemeriksaan keuangan melalui lima indikator ala Akbar's Financial Check Up bisa menjadi pilihan. Untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan keuangan ini siapkan biaya mulai Rp 1,5 juta hingga Rp 3,5 juta.

Ada juga perencanaan keuangan yang dilakukan per kasus. Misalnya, Anda ingin menyiapkan dana pendidikan anak saja, atau dana pensiun saja. Kisaran tarif perencanaan keuangan per kasus ini mulai Rp 500.000 - Rp 1,5 juta, kata Akbar kepada Kompas Female. Sementara jika ingin perencanaan keuangan yang lebih komprehensif, siapkan anggaran di atas Rp 7 juta, lanjutnya. Lain lagi dengan konsep miniplan yang disebut Financial Check Up, dengan dua atau tiga tujuan keuangan yang ingin direncanakan. Biayanya mulai Rp 3,5 juta hingga Rp 7 juta.

Biaya perencanaan keuangan bisa bervariasi dan fleksibel mengikuti kebutuhan dan kemampuan Anda, dengan hasil akhir yang sama: yakni menyehatkan kembali kondisi finansial Anda. Keputusan kembali pada Anda: apakah Anda rela menyisihkan sejumlah uang untuk membenahi kondisi keuangan yang berantakan?

EditorDini
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM