Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makan Jadi Banyak karena PMS

Kompas.com - 16/03/2011, 08:03 WIB

KOMPAS.com — Kita mungkin termasuk yang sering mengalaminya. Beberapa hari menjelang menstruasi, nafsu makan tiba-tiba melonjak. Akibatnya, berat badan bertambah 1-2 kg selama kita datang bulan. Sebagian orang boleh menganggap ini alasan yang dibuat-buat, tapi para peneliti menganggap kedua hal itu saling berkaitan.

Hasil studi terbaru memperlihatkan bahwa umumnya wanita mengonsumsi kalori 15 persen lebih banyak daripada biasanya saat ia memasuki fase datang bulan, atau sekitar dua minggu sebelum mens hari pertama. Ini terjadi karena level estrogen yang berfungsi menekan nafsu makan kita tengah menurun. Di sisi lain, progesteron di tubuh kita meningkat sehingga metabolisme menjadi lebih cepat. Namun, perubahan kondisi hormon itu tetap tak mampu membakar banyaknya ekstra kalori yang kita konsumsi, kecuali kita menambah waktu olahraga.

Untuk mencegah berat badan terus meningkat, ikuti saran dari Sari Greaves, RD, juru bicara American Dietetic Association ini. Kita tetap boleh ngemil, tapi pilih yang rendah kalori. Contohnya, yogurt bebas lemak dilengkapi buah beri, seporsi buah ditambah satu lembar keju, atau dark chocolate sebanyak 30 gr per konsumsi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com