Langsing Selamanya dengan Sarapan dan Timbang Badan - Kompas.com

Langsing Selamanya dengan Sarapan dan Timbang Badan

Kompas.com - 16/03/2011, 12:09 WIB

KOMPAS.com — Senangnyaaa... ketika akhirnya jeans andalan Anda sudah dapat dipakai lagi. Bagian pinggangnya tidak terasa sempit lagi, begitu pas memeluk tubuh Anda.

Bila Anda sudah memasuki tahap sukses seperti ini, jangan lengah. Sebab, mempertahankan berat badan lebih susah daripada menurunkannya. Anda perlu mengatur gaya hidup agar berat badan ideal ini berlaku seterusnya. Lori McCarty, personal trainer di New York City, berbagi cara untuk memastikan agar berat dan bentuk tubuh Anda langsing selamanya.

1. Menimbang badan seminggu sekali
Kata orang, terus-menerus memandangi timbangan badan bisa bikin stres. Apalagi jika angka di timbangan tidak turun-turun. Namun, Lori menyarankan Anda untuk menimbang badan seminggu sekali. Mengapa? Karena fluktuasi berat badan sehari-hari itu sering terjadi.

“Fluktuasi itu normal. Orang yang bertambah berat setiap hari bisa mendapatkan angka yang berbeda dan mereka mulai panik kalau mereka bertambah berat 0,5 kg dari sehari sebelumnya. Kebanyakan hal ini berkaitan dengan air. Nggak masalah kok menambah berat air," katanya. Selain air, hormon dan stres juga bisa menimbulkan fluktuasi tersebut.

Menurut Lori, menimbang badan paling baik dilakukan pada malam hari. Sore hari merupakan indikator yang lebih natural mengenai berapa berat Anda sebenarnya. Pada pagi hari, tubuh kita kemungkinan sedikit mengalami dehidrasi setelah tidur semalaman tanpa makan-minum.

2. Pastikan Anda sarapan
Hari gini masih saja ada orang yang enggan sarapan. Ini berawal dari pengertian yang salah, bahwa lebih sedikit lebih baik. Padahal, tidak sarapan bisa merugikan seluruh upaya yang Anda lakukan untuk bisa langsing. Lori mengungkapkan, hampir 78 persen orang yang rutin sarapan dapat menjaga penurunan berat badan lebih baik.

Anda juga perlu memelihara pola makan yang tetap. Diet keras selama hari kerja, lalu makan sepuas-puasnya di akhir pekan, sebaiknya tak dilakukan.

“Ketidakkonsistenan dalam pola makan itulah yang menyebabkan fluktuasi, Makanlah secara konsisten sepanjang minggu, dan akhir pekan adalah kuncinya," tukas Lori. Orang yang terus makan secara konsisten, termasuk di akhir minggu, adalah yang paling sukses menurunkan berat badan. Sering makan makanan kemasan atau jajan di luar juga akan memengaruhi fungsi-fungsi tubuh.
           
3. Tambahkan latihan daya tahan
Bila Anda suka nge-gym, tambahkan latihan daya tahan dalam pola latihan Anda. Contohnya chest press, leg press, tricep extension, atau pull down. Anda juga bisa melakukannya tanpa alat, dengan latihan seperti push-up, squat, lunges, atau crunch. Hal itu tidak hanya membantu membakar kalori lebih efisien, tetapi juga melawan kehilangan otot kering. Dengan demikian, yang Anda enyahkan hanya lemak yang tak dibutuhkan.

Lori biasanya mendorong kliennya yang sudah berhasil menurunkan berat badan untuk berlatih lebih keras lagi. Tujuannya untuk memelihara berat ideal tersebut selama dua tahun.

4. Bagi resep sukses Anda pada yang lain
Mengapa hal ini penting? Menurut Lori, karena ketika seseorang sukses menurunkan berat badan, lalu berbagi resep dan mendorong orang lain melakukan hal yang sama, ia akan mendapatkan penguatan. "Hal itu akan me-reafirmasi prinsip-prinsip dan hal-hal yang sudah mereka upayakan. Kisah seseorang bisa membantu orang lain," katanya.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorDini
    Close Ads X
    Close [X]
    Radio Live Streaming
    Sonora FM • Motion FM • Smart FM