Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kafein Bikin Kecanduan?

Kompas.com - 23/03/2011, 17:27 WIB

Kompas.com — Memulai hari dengan secangkir kopi atau teh bagi banyak orang bagaikan sebuah rutinitas penting. Meneguk minuman kafein memang bisa menyegarkan tubuh dan membantu kita menghadapi bermacam persoalan di tempat kerja. Tetapi apakah kafein bisa digolongkan sebagai zat adiktif?

Para pakar menggolongkan kafein sebagai zat yang aman. Memang ia bersifat stimulan atau merangsang sistem saraf pusat. Namun, tidak seperti stimulan lainnya, seperti nikotin, kafein tidak akan menimbulkan rasa kecanduan jika dikonsumsi secukupnya.

Takaran kafein yang normal adalah sekitar 200 miligram per hari. Jumlah itu kira-kira setara dengan dua mangkuk kopi ukuran 150 gram atau empat kaleng minuman cola, tiga cangkir teh atau satu setengah kilogram cokelat susu. Ini biasanya tidak akan mengundang masalah.

Beberapa penelitian juga mengaitkan konsumsi kafein dengan penurunan risiko diabetes, parkinson, dan penyakit liver. Meskipun demikian, dokter tidak menganjurkan Anda untuk mengonsumsi kafein sebagai cara mengurangi risiko penyakit.

Baca juga Orang Gemuk Butuh Minum Lebih Banyak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com