Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow, Serba Tahu di Iki Kuwi...

Kompas.com - 31/03/2011, 08:38 WIB

KOMPAS.com - Apakah Anda pernah mendengar nama Iki Kuwi? Nama yang unik ya, sebenarnya itu berasal dari bahasa Jawa yang berarti “ini itu”, Tapi oleh Bapak Jefta A Hadiwijaya, nama itulah yang dijadikan nama restorannya yang terletak di lantai 1 Mall of Indonesia (MOI). Nama yang unik dan mudah diingat tentunya. Iki Kuwi sendiri berdiri sejak pertengahan November tahun 2008, dan saat ini sudah ada dua tempat, satu di MOI dan satu lagi di Mal Artha Gading. Dua-duanya masih di sekitar Jakarta Utara. Kali ini kami mendatangi outletnya yang ada di MOI, tempatnya tidak jauh dari outlet A&W, tempatnya sih tidak tidak terlalu besar, tapi ditata begitu apik dan bersih.

Nah di Iki Kuwi ini memang Tahu yang menjadi tokoh utamanya. Bapak Jefta memang sengaja mengusung konsep restoran yang menyajikan aneka olahan Tahu yang terbuat dari Tahu yang segar. Jadi buat para penggemar Tahu, silahkan mampir ke Iki Kuwi karena disini anda bisa menikmati aneka masakan berbahan Tahu, seperti tahu goreng, tahu kipas, tahu pong, tahu lapir, tahu gejrot, tahu campur, tahu kuah, lumpia kulit tahu dan tahu telur dengan aneka macam saus pilihan hadir disini. Tapi jangan khawatir buat Anda yang tidak terlalu doyan dengan tahu, karena disini juga ada menu roti bakar, mie ayam dan sate ayam.

O iya tahu yang ada di Iki Kuwi juga dibuat sendiri lho, dibuat di masing-masing outletnya, jadi terjamin kesegarannya dan tanpa baham kimia dan pengawet. Bahkan pada saat kami makan disitu ada juga pengunjung yang membeli tahu mentahnya. Menu spesial di Iki Kuwi adalah tahu goreng, tahu telur dan tahu kipas. Jadilah kami pesan semua itu, semua yang kami pesan adalah tahu he-he.., ya karena saya adalah salah satu penggemar Tahu.

Sembari menunggu makanan kami datang, kami bisa melihat tahu-tahu segar tadi yang memang sengaja diletakkan di open kitchen. Kemudian datang seorang bapak bersama anaknya memesan berporsi-porsi tahu, he-he... kelihatannya mereka juga penggemar tahu seperti saya.

Tahu Kipas dan Tahu Goreng sudah hadir di meja kami, terlihat sangat menggiurkan euy. Saya cicipi tahu kipasnya dulu ya, nyam nyam... cruncy diluar dan lembut di dalam, tahu goreng tepung yang berisi udang, telur, kol, tauge, dan wortel. Nikmat sekali rasanya, apalagi di santap dalam keadaan panas. Kemudian ada lagi tahu goreng biasa yang disantap dengan sambal kecap. Yang ini seperti tahu sumedang, enak juga lho rasanya, terasa fresh-nya.

Nah ini dia jagoannya, Tahu Telur Saus Oriental. Tahu Telur ini berisi tahu putih kukus/goreng, telur dadar, lontong, bakwan, kol, tauge dan terakhir di siram dengan saus oriental yang berasa asam manis segar dan ada taburan kacang gorengnya. Dari penampilannya saja sudah terlihat sangat menggoda selera saya. Begitu saya cicipi, nyam nyam... Yummy!! Ini enak lho, tahu putihnya yang dikukus terasa lembut dan telurnya terasa lezat, dan terasa sangat nikmat bercampur dengan saus oriental tadi. Gurih, manis, asam, sedikit pedas, dan segar.

Tahu Telur Saus Orientalnya memang pantas dijadikan favorit disini. Atau Anda mau coba saus yang lain juga boleh, ada saus original, saus lada hitam, dan saus padang. Tinggal pilih sesuai selera Anda. Harganya juga tidak mahal kok, seporsinya hanya di bandrol sekitar Rp 22.000. Sedangkan untuk tahu kipas seporsi sekitar Rp 17.000. (Ita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com