Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yoko Ono Izinkan Surat-surat Lennon Diterbitkan

Kompas.com - 09/04/2011, 15:44 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com -- Yoko Ono, pelaku seni sekaligus janda (mendiang) John Lennon, memberi izin penerbitan buku pertama yang berisi kumpulan surat pribadi Lennon. Hal itu diumumkan oleh pihak penerbit Little, Brown and Company, Jumat (8/4/2011) waktu setempat.

"Untuk pertama kalinya, janda John Lennon, Yoko Ono, telah memberikan izinnya untuk menerbitkan sebuah buku kumpulan pilihan dari surat-suratnya," kata juru bicara Little, Brown and Company dalam sebuah pernyataan.

Isi buku berjudul The Lennon Letters itu akan berupa surat-surat, termasuk yang ditulis pada kartu pos, dari Lennon kepada teman-teman, keluarga, dan organisasi-organisasi afiliasinya. Namun, juru bicara penerbit tersebut tak bersedia memberi contoh spesifik surat dan kartu pos yang akan dimasukkan ke dalam buku itu, termasuk surat-surat yang ditujukan kepada Ono. Dalam beberapa tahun terakhir pun, surat-surat itu sendiri telah dijual kepada distributor atau kolektor dalam beragam acara pelelangan di seluruh dunia.  

Direncanakan, buku tersebut akan diterbitkan pada Oktober 2012. Kumpulan surat dan kartu pos itu akan disusun secara kronologis dengan tujuan memberi gambaran makna kehidupan salah satu personel grup legendaris The Beatles tersebut. Buku itu akan ditulis oleh Hunter Davies, seorang jurnalis Inggris yang menulis satu-satunya biografi resmi The Beatles. "Surat-surat Lennon berintonasi senang, informatif, ajakan, bijak, marah, puitis, sedih, dan terkadang menyayat hati," kata juru bicara penerbit itu lagi.

Surat-surat itu akan ditulis kembali ke dalam buku itu seperti apa adanya, sebagaimana mereka dibuat, baik dalam tulisan tangan, ketikan hingga kartun aneh dan gambar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com