Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Darah Bukan Tanda Perawan

Kompas.com - 14/04/2011, 08:46 WIB

TANYA :

Dok, saya ingin bertanya tentang Virginitas. Apakah keperawanan itu ditandai dengan keluarnya darah pada saat melakukan hubungan seks pertama kali? Apakah ada wanita yang tidak mengeluarkan darah sama sekali pada saat melakukan hubungan seks pertama kalinya, apakah dia bisa dibilang sudah tidak perawan?

Dan apakah seorang wanita yang mengendarai sepeda motor, memakai sepatu berhak tinggi, turun naik tangga itu bisa mempengaruhi hilangnya keperawanan? Terimakasih atas jawabannya.  

Lysandra, 26, Jakata

 

JAWAB :

Istilah perawan dan tidak perawan, ditentukan oleh pernah tidaknya melakukan hubungan seksual. Kalau sudah pernah melakukan hubungan seksual, disebut tidak perawan. Kalau belum pernah disebut perawan.

Perempuan yang pertama kali melakukan hubungan seksual tidak harus mengeluarkan darah. Tergantung apakah pada saat itu dia terangsang cukup atau tidak. Kalau tidak cukup terangsang, apalagi disertai perasaan takut, akan terjadi perdarahan. Tetapi kalau cukup terangsang dan tanpa hambatan psikis, perdarahan tidak akan mengalami perdarahan.

Jadi tidak relevan mengaitkan status keperawanan dengan hilangnya keperawanan dalam arti robeknya selaput perawan. Wanita yang melakukan masturbasi dengan menggunakan alat bantu yang dimasukkan ke vagina akan mengalami robekan vagina.

Tetapi, dia tetap perawan karena belum pernah melakukan hubungan seksual. Mengenai robeknya selaput dara karena mengendarai sepeda motor, menggunakan sepatu berhak tinggi, dan berjalan naik turun tangga, tidak ada laporan ilmiah yang menyatakan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com