Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurangi Makanan Pedas dan Asam Saat Hamil

Kompas.com - 14/04/2011, 11:35 WIB

KOMPAS.com - Walau gemar makan makanan pedas dan asam, saat berbadan dua sebaiknya Anda membatasi dan menguranginya. Mengapa? Makanan pedas dan asam memang lezat dan dapat diterima oleh perut yang sedang mual, tetapi terlalu banyak mengonsumsinya bisa mengundang diare akibat iritasi lambung. Penyakit yang membuat penderitanya jadi sering bolak-balik ke belakang ini sebenarnya tidak begitu berbahaya. Namun, dampak lanjutan berupa dehidrasilah yang kerap dikhawatirkan.

Bukan berarti ibu hamil tak boleh sama sekali menyentuh makanan pedas dan asam, tentu saja boleh. Yang diperlukan adalah mengatur hasrat yang bergejolak untuk mengonsumsinya secara berlebihan.

Pembatasan ini berlaku juga untuk minuman yang rasanya asam. Terlalu banyak mengonsumsi  minuman asam akan membuat lambung tidak nyaman. Bahkan bukan tidak mungkin akan menyebabkan perlukaan di usus bila rasa asam itu berasal dari cuka atau bahan-bahan nonbiologis lainnya. Kondisi ini bisa lebih parah pada ibu hamil yang sebelumnya sudah mengidap gangguan lambung (gastritis).

(Tabloid Nakita/Gazali Solahuddin)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com