Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Mulai Aksi Beli, Rupiah Menguat

Kompas.com - 15/04/2011, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kurs rupiah terhadap dollar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Jumat (15/4/2011) pagi cenderung menguat, akibat pelaku pasar mulai melakukan aksi beli terhadap rupiah, namun kenaikannya relatif masih kecil.

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS menguat lima poin menjadi Rp 8.657 per dollar dibanding penutupan hari sebelumnya Rp 8.663.

Analis PT First Asia Capital, Irfan Kurniawan di Jakarta, Jumat mengatakan, rupiah diperkirakan akan kembali menguat pada siang nanti kalau melihat aksi beli pelaku pasar yang semakin ramai. "Kami optimis aksi beli oleh pelaku pasar terhadap rupiah akan makin meningkat," ucap Irfan.

Rupiah bisa mencapai level Rp 8.600 per dolar karena pelaku pasar khususnya asing mulai kembali masuk ke pasar untuk menambah investasi.  "Untuk itu peluang rupiah untuk bisa mencapai angka Rp 8.600 sangat besar," ujarnya.

Kenaikan rupiah itu kemungkinan akan kembali melemah apabila bursa regional masih memburuk yang menekan pasar saham Indonesia melesu.

Ia memperkirakan, rupiah sebenarnya sudah dapat mencapai level Rp 8.600 per dollar, apabila Bank Indonesia (BI) tidak menahan pergerakannya. "Apalagi kenaikan rupiah dinilai tidak begitu berpengaruh terhadap ekspor Indonesia," katanya.

Irfan juga mengatakan, pasar internal yang positif merupakan faktor utama yang memicu pelaku asing melakukan pembelian. Namun pembelian terhadap rupiah masih kecil sehingga kenaikan tidak begitu besar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com