Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalau Istri Menolak Variasi Posisi

Kompas.com - 22/04/2011, 14:26 WIB

TANYA :

Prof Wimpie Yth.  Saya merasa istri saya kurang fleksibel dengan posisi saat berhubungan intim.  Dia keberatan apabila diminta melakukan seks dengan posisi-posisi tertentu dengan alasan tidak nyaman.  Padahal saya ingin mencari variasi supaya tidak merasa bosan.  Apa yang harus saya lakukan supaya istri mau melakukan posisi yang saya inginkan?

Candra, 29, Bandung  

 

JAWAB :     

Melakukan variasi posisi hubungan seksual boleh saja asal memenuhi tiga syarat berikut. Pertama, dikehendaki bersama. Kedua, menyenangkan kedua pihak. Ketiga, tidak menimbulkan akibat buruk, baik fisik maupun psikis.

Kalau istri merasa kurang nyaman dengan posisi tertentu, jangan dipaksa karena dapat menimbulkan akibat buruk. Anda perlu mengetahui apa alasannya. Misalnya, kalau dengan posisi di atas istri merasa terlalu capek, maka Anda harus memahami. Cobalah posisi lain yang dia lebih suka. Tetapi bukan tidak mungkin penolakannya melakukan vaiasi posisi disebabkan karena ketidakmengertiannya.

Untuk mengatasi ini tentu diperlukan informasi dan komunkasi yang baik. Dengan mengerti, maka sikapnya mungkin saja berubah dan mau melakukan variasi. Yang penting ketiga syarat di atas terpenuhi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com