Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komisi X DPR Tur ke Stadion Real Madrid

Kompas.com - 05/05/2011, 17:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Stadion Santiago Bernabeu, markas klub elite Spanyol, Real Madrid, menjadi salah satu obyek kunjungan studi banding yang dilakukan Komisi X DPR pada 24-30 April lalu. Rombongan ini melakukan kunjungan kerja ke negeri matador tersebut untuk belajar dan melihat fasilitas olahraga, perpustakaan, pendidikan, dan wisata.

Seorang warga negara Indonesia di Madrid, yang meminta namanya tidak disebutkan, mengabadikan aktivitas kunjungan anggota Dewan sesaat sebelum mereka masuk ke dalam stadion. "Waktu itu hari Selasa tanggal 26 April, jam 12 atau jam 1 siang. Mereka sedang berfoto-foto di depan stadion," tulis dia dalam surat elektroniknya kepada Kompas.com, Senin (2/5/2011).

Setelah berfoto-foto, demikian surat tersebut, para anggota Dewan berkumpul di depan loket penjualan tiket tur stadion. Harga tiket masuk untuk mengunjungi stadion ini adalah 16 euro per orang. Setelah terkumpul, mereka lalu masuk karena sudah mendapat tiket.

"Ada satu orang yang masih belum mendapat tiket, terus dia nungguin asisten yang mengantre. Dia sempat komentar, 'kenapa lama amat... enggak bisa langsung aja...', terus asistennya jawab... 'kalo orang bule pada taat dan harus antre," tulis dia.

"Hanya segitu saja percakapan yang sempat saya dengar," demikian surat elektronik tersebut.

Dihubungi terpisah, salah satu anggota Komisi X yang turut dalam rombongan mengatakan, hasil dari kunjungan akan disampaikan langsung oleh pimpinan rombongan, Rully Chairul Azwar. Namun, nomor ponsel Rully berulang kali dihubungi belum menjawab.

Berdasarkan data yang dirilis Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA), pada masa reses Komisi X diagendakan melakukan kunjungan ke dua negara yaitu Spanyol dan China. Di dua negara ini, mereka akan mempelajari hal-hal menyangkut bidang yang ditangani, di antaranya mengenai pendidikan, pariwisata dan olahraga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com