Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BKKBN: Vasektomi Tak Sebabkan Impotensi

Kompas.com - 17/05/2011, 08:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) kembali menegaskan bahwa pemasangan medis operasi pria (MOP) atau vasektomi sangat aman dan tidak menyebabkan impotensi atau disfungsi ereksi.

"MOP atau vasektomi itu sangat aman dan tidak akan menyebabkan impoten bagi para pria yang menjadi pesertanya," kata Kepala BKKBN Sugiri Syarief melalui siaran pers di Jakarta, Senin (16/5/2011) kemarin.

Untuk itu, Sugiri meminta para pria peserta MOP atau vasektomi tidak khawatir menjadi impoten.

Sugiri menjelaskan, MOP atau vasektomi merupakan salah satu metode yang tepat untuk menyukseskan program keluarga berencana (KB).

Ia menambahkan, beberapa waktu lalu BKKBN mendapatkan piagam pemecah rekor dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri) sebagai pemrakarsa MOP atau vasektomi terbanyak.

"Penyerahannya dilakukan oleh perwakilan Muri, Sri Widayati, di Situbondo, Jawa Timur, pada Jumat 13 Mei 2011," katanya.

Penghargaan Muri tersebut diberikan kepada BKKBN selaku pemrakarsa MOP terbanyak dengan jumlah peserta 340 orang tanggal 12 dan 13 Mei selama dua hari.

"Selain diberikan kepada BKKBN, penghargaan sebagai penyelenggara ini juga diberikan kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan juga tim penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Jawa Timur," katanya.

Penghargaan Muri tersebut turut diberikan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo selaku penyelenggara pemasangan MOP terbanyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com