Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akrab dengan Rekan Kerja Bisa Bikin Panjang Umur

Kompas.com - 21/05/2011, 07:02 WIB

Kompas.com - Keakraban yang terjalin dengan rekan-rekan kerja bukan hanya membuat hambatan komunikasi di kantor berkurang, tapi juga bisa membuat kita panjang umur.

Dukungan sosial yang diterima seseorang dari lingkungan kerjanya ini bisa menjadi indikator sebaik apa hubungan yang dimilikinya dengan rekan kerja, atasan, atau bawahannya.

Penelitian yang diadakan oleh tim dari Universitas Tel Aviv, Israel ini dilakukan selama lebih dari 20 tahun. Penelitian melibatkan 820 orang dewasa yang dirujuk ke layananan kesehatan untuk pemeriksaan rutin.

Para pekerja yang didiagnosa menderita penyakit kronik atau memiliki penyakit mental tidak termasuk dalam yang diteliti. Para partisipan bekerja di berbagai bidang industri, seperti keuangan, asuransi, pegawai negeri, karyawan bidang kesehatan, serta pabrik.

Di awal penelitian, para responden mengisi survei mengenai kondisi pekerjaan, termasuk jumlah dukungan sosial yang diterimanya. Dukungan sosial dianggap tinggi jika seorang karyawan membantu rekannya menyelesaikan masalah dan akrab dengan rekan di kantornya.

Selama periode penelitian yang dilakukan antara tahun 1988 - 2008, 53 responden meninggal. Kaitan antara keabrakan yang terjalin dengan rekan kerja dan kematian paling nyata terlihat pada responden berusia 38-43 tahun.

"Hasil penelitian ini bisa menjadi bukti pentingnya menciptakan lingkungan kerja yang terbuka dan akrab sebagai promosi pencegahan penyakit. Meningkatkan keakraban dengan rekan kerja bisa menurunkan risiko kematian," kata peneliti dalam laporannya di jurnal Health Psychology.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com