Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minum Susu Segar Belum Jadi Kebiasaan

Kompas.com - 31/05/2011, 15:40 WIB

KOMPAS.com — Konsumsi susu masyarakat Indonesia saat ini masih tergolong sangat rendah, yakni sekitar 9 liter per kapita pada tahun 2010. Jumlah tersebut jauh di bawah negara-negara tetangga, seperti Malaysia (50,3 liter per kapita), Singapura (47,3 liter per kapita), atau India (45,4 liter per kapita).

Selain itu, mengonsumsi susu segar belum menjadi budaya di Indonesia. Menurut data Euromonitor tahun 2007, konsumsi susu cair di Indonesia hanya sekitar 5 persen, susu bubuk 60 persen, dan susu kental manis 35 persen.

"Hal ini agak memprihatinkan karena susu kental manis di sini masih dipersepsikan sebagai susu untuk diminum. Padahal, di negara lain susu jenis ini hanya dipakai sebagai topping atau campuran makanan karena kandungan gulanya sangat tinggi," kata Siska Suryaman, Head of Marketing PT Ultra Jaya, dalam acara press conference Kampanye Ultra Milk Wonder Land di Jakarta, Selasa (31/5/2011).

Pola konsumsi susu di Indonesia berkebalikan dengan masyarakat Amerika yang konsumsi susu segarnya mencapai 99,7 persen. Bahkan, di Belanda 100 persen susu yang dikonsumsi adalah susu segar.

"Orang Belanda memproduksi susu bubuk, namun tidak mengonsumsinya. Mereka hanya minum susu cair," kata Sandra.

Padahal, susu bubuk harganya cenderung mahal karena 80 persen bahan bakunya masih impor. Selain itu, proses pengolahan susu bubuk yang dikeringkan dengan spray dryer membuat sebagian nutrisi susu hilang dan harus ditambahkan dengan zat gizi lagi. Sementara itu, proses pengolahan susu segar, baik pasteurisasi maupun UHT membuat kerusakan gizi bisa ditekan.

"Teknologi UHT saat ini merupakan cara pengolahan susu yang paling canggih karena mampu membunuh semua bakteri tanpa merusak zat gizi karena perlakuan pemanasan sangat singkat, hanya 2-4 detik. Selain itu, kemasan yang steril membuat susu tidak perlu ditambah bahan pengawet," kata Sanfrandy, Dairy Category Manager Ultra Jaya.

Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan susu segar, dalam waktu dekat Ultra Jaya akan menggelar kegiatan bertajuk "Ultra Milk Wonder World All You Need Is Milk" di Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Medan. "Ini merupakan bentuk edukasi mengenai manfaat susu cair segar UHT," kata Sanfrandy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com