Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sembarang Memilih Losion

Kompas.com - 01/06/2011, 08:58 WIB

KOMPAS.com - Kulit cantik tak harus putih. Kulit cantik adalah kulit yang segar dan sehat. Kondisi ini bisa didapatkan dengan melakukan perawatan dari luar dan dari dalam tubuh. Selain rajin menggunakan produk perawatan kulit, menjaga asupan makanan dan istirahat yang cukup juga penting. Selain itu, jangan lupa menghindari yang satu ini: merokok.

Mesty Ariotedjo, brand ambassador Nivea mengatakan, racun yang terkandung dalam rokok dapat merusak sel-sel kulit sehingga membuat kulit menjadi kusam.

"Aura seorang wanita juga bisa berkurang akibat kebiasaan merokok dan minum alkohol. Aura terpancar bukan hanya karena seseorang itu baik hati, tapi bisa juga karena orang tersebut menjauhi rokok, alkohol, dan hal lain yang mengganggu kesehatan tubuh dan kulit," ujar Mesty pada Kompas Female, saat pemilihan Brand Ambassador Nivea di XXI Club Djakarta Theater, Jakarta, Selasa (31/5/2011) lalu.

Kulit yang segar dan sehat juga bisa didapatkan dengan rajin berolahraga. Mesty mencontohkan dirinya yang senang menyelam dan Pilates. Untuk olahraga di luar ruangan yang membuat kita bersentuhan langsung dengan matahari, Mesty menyarankan agar menggunakan produk pelembab dengan SPF yang tinggi bagi kulit wajah. SPF (Sun Protection Filter) adalah daya tahan yang diberikan pelembab untuk melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet matahari.

"Secara alamiah, kulit kita akan tahan melawan efek buruk ultraviolet selama 30 menit saja. Kalau kita menggunakan pelembab dengan SPF, maka angka SPF-nya itu dikalikan dengan 30 menit, itulah daya tahan kulit kita menahan efek buruk ultraviolet. Misalnya kita menggunakan pelembab dengan SPF 30, berarti dikalikan 30 menit, maka kulit kita akan menahan efek buruk ultraviolet selama 600 menit," ujar dr Cut Handika Riani, SpKK, dokter spesialis kulit yang juga hadir dalam perayaan 100 tahun Nivea ini.

Menurut dr Riani, kandungan dalam body lotion juga harus diperhatikan. Ia menyarankan agar menggunakan body lotion yang mengandung aloe vera, karena berfungsi melembabkan. Mesty menambahkan, sebaiknya memilih body lotion sesuai dengan jenis kulit. "Antara lotion dengan cream itu kandungannya beda. Jadi kita harus tahu kulit kita cocoknya pakai lotion atau pakai cream. Hal ini bisa dikonsultasikan kepada dokter kulit," ujar Mesty.

Untuk perawatan rutin bagi kulit tubuh, Mesty mengatakan dirinya selalu melakukan pijat dengan scrub seminggu sekali. Ia juga selalu mandi dengan air hangat untuk membuka pori-pori sehingga sel kulit mati mudah untuk keluar dan dibersihkan. "Setelah itu saya akhiri dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori yang sudah terbuka," ungkapnya.

Untuk menghindari timbulnya jerawat, dr Riani menyarankan untuk membersihkan wajah dua kali sehari. "Memilih untuk menggunakan facial foam atau cairan pembersih juga harus diperhatikan. Ada kulit yang tetap berjerawat meski rajin cuci muka, ternyata penyebabnya ada pada kandungan facial foam yang tidak cocok dengan kulit wajah," jelasnya.

Untuk kasus-kasus penyakit kulit yang parah, seperti alergi atau terbakar, dr Riani tidak menyarankan menggunakan produk-produk perawatan kulit yang dijual bebas di supermarket. Sebab kandungan pada produk-produk perawatan kulit hanya cocok untuk perawatan kulit sehari-hari. Bila kulit sedang meradang karena alergi atau terbakar, hindari produk perawatan kulit yang biasa dipakai. Sebagai gantinya, gunakan produk dengan resep dokter yang berfungsi mengobati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com