Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Mainan Anak Lebih Aktif

Kompas.com - 07/06/2011, 17:53 WIB

Kompas.com - Obesitas atau berat badan berlebih kini menjadi salah satu penyakit yang mengancam anak-anak. Cegah dengan mengajak anak lebih aktif bergerak, salah satunya dengan menyediakan beberapa jenis mainan di rumah.

Peneliti dari Universitas Buffalo meneliti level aktivitas 3 anak, berusia 8 - 12 tahun menemukan anak-anak yang memiliki 3 jenis mainan dua kali lebih aktif bergerak dibanding dengan anak yang hanya punya satu mainan.

Dr.Denise Feda, ketua penelitian mengatakan orangtua yang ingin memberikan variasi kegiatan pada anaknya bisa melakukannya dengan menyediakan berbagai alat permainan. "Dua atau tiga jenis mainan di rumah cukup membantu, terutama untuk anak perempuan," katanya.

Selain bermain di dalam rumah, tentu saja anak harus dilibatkan pada kegiatan olahraga. "Aktif secara fisik kini menjadi isu yang penting untuk mencegah obesitas," katanya.

Pada anak berusia lebih kecil, yakni bayi dan balita, mainan yang tepat juga efektif untuk meningkatkan keterampilan motorik serta mencerdaskan. Karena itu aktivitas anak di usia ini seharusnya lebih banyak bermain.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com