Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manajemen Sekolah Inklusi Masih "Memble"

Kompas.com - 28/06/2011, 18:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini jumlah sekolah inklusi untuk tingkat sekolah dasar (SD) di DKI Jakarta sudah mencapai 164 sekolah. Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto mengungkapkan, nantinya sekolah-sekolah inklusi itu akan dilebarkan lagi.

"Sudah bertambah sekolah inklusi di Jakarta, namun masih terkendala beberapa hal hingga saat ini," kata Taufik ketika konferensi pers mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru di Jakarta, Selasa (28/6/2011).

Menurutnya, saat ini yang menjadi kendala berkembangnya sekolah inklusi ini adalah pengelolaan manajemen sekolah ini. Selain itu, tenaga kerja yang memiliki kapabilitas dalam mengajar anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) masih dinilai kurang.

"Berkebutuhan khusus itu kan macam-macam. Untuk yang tuna netra, low vision atau tuna rungu itu butuh tenaga khusus juga, itu pun masih minim," ungkap Taufik.

Kendati demikian, ia menyatakan bahwa setiap tahun jumlah sekolah inklusi akan bertambah. Ia menuturkan, untuk mengembangkan sekolah ini anggarannya sudah disiapkan. Memang, lanjut Taufik, keberadaan sekolah inklusi masih belum menjadi andalan untuk melayani ABK.

Ia menambahkan, masih sedikitnya jumlah sekolah inklusi dan lokasinya yang jauh agak menyulitkan para siswa ABK. Oleh karena itu, selain perlunya ditambah jumlah sekolah, guru pembimbing khusus bagi anak-anak tersebut supaya tidak ketinggalan dalam pembelajaran juga harus dipertimbangkan. Dengan demikian, pihak sekolah mampu mengidentifikasi para ABK dan memberikan perlakuan terbaik terhadap mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com