Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dok, Apakah Saya Biseksual?

Kompas.com - 29/06/2011, 07:46 WIB

TANYA: Dok, saya ini sudah menikah 8 tahun yangg lalu dan sudah punya anak satu. Sewaktu saya masih di bangku SMP dan SMA, saya pernah diajak melakukan hubungan seks sesama jenis. Begitu juga saat di bangku kuliah, saya juga melakukan hubungan sesama jenis, tetapi tidak sampai melakukan seks anal.

Sekarang ini, saya mengajar di sekolah menengah. Setiap saya melihat anak murid saya yang kelihatan genteng atau imut, saya selalu tertarik.  Akan tetapi, ketertarikan saya adalah pada anak yang masih muda, tidak sebaya dengan saya, dan sekarang ini saya juga tertarik pada murid saya laki-laki. Sementara itu, masalah hubungan intim saya dengan istri tetap seperti biasa, saya rutin melakukannya 2-4 kali dalam seminggu.

Pertanyaan saya Dok, apakah saya termasuk biseksual, dan apakah yang saya alami merupakan penyimpangan, dan bagaimana mengatasinya? Saya juga takut kehilangan istri saya karena saya sangat mencintainya.

(DIAN, 33, PALANGKARAYA)

 

JAWAB: Memerhatikan pengalaman homoseksual Anda pada masa lalu, ditambah ketertarikan kepada sesama jenis setelah Anda menikah, tampaknya Anda dapat digolongkan sebagai pria biseksual. Tentu saja pria biseksual bukanlah pria dengan orientasi seksual seperti pria pada umumnya, yaitu heteroseksual.

Dalam keadaan seperti ini, wajar kalau Anda tetap dapat melakukan hubungan seksual dengan istri yang Anda cintai. Maka, wajar kalau Anda tidak ingin kehilangan dia. Akan tetapi, di sisi lain, Anda merasa ingin melakukan hubungan seksual dengan sesama jenis.

Tidak mudah bagi Anda untuk kemudian menjadi pria yang heteroseksual apalagi dulu sudah pernah berpengalaman homoseksual. Apalagi kalau penyebabnya berkaitan dengan penyebab biologik di pusat seks di otak. Andaikata penyebabnya "hanya" karena pengaruh lingkungan, dengan kemauan kuat, Anda mungkin dapat menghentikan hubungan dengan sesama jenis itu.

Dalam hubungan dengan sesama jenis, sangat perlu Anda perhatikan jangan sampai Anda lakukan dengan bukan orang homoseksual. Ini dapat menjadi masalah besar. Ingat juga bahwa Anda mempunyai seorang istri yang tidak mengetahui keadaan Anda yang sebenarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com