Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kanker Lebih Mematikan pada Pria

Kompas.com - 14/07/2011, 08:17 WIB

Kompas.com - Meski sama-sama menderita kanker, ternyata peluang perempuan untuk bertahan hidup melawan penyakitnya itu lebih besar daripada kaum pria. Sebuah studi menyebutkan pria lebih beresiko tinggi meninggal karena kanker.

Laporan yang dipublikasikan dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarker & Prevention itu menganalisa angka harapan hidup selama 5 tahun dari 36 jenis kanker.

Perbedaan angka harapan hidup paling nyata terlihat pada kasus penyakit kanker mulut di mana dari 100.000 penduduk 5.51 pria meninggal dibanding 1 wanita, diikuti dengan kanker laring 5,37, kanker hipofaring 4,47 dan kanker kerongkongan 4,08 dibanding 1 wanita.

Tren yang sama juga terlihat pada kanker yang memiliki tingka kematian paling tinggi, yakni kanker paru yang membunuh 2,31 pria dibanding 1 wanita dan kanker kolorektal yang membunuh 1,42 pria dibanding 1 wanita.

Sementara itu kanker pankreas angkanya 1,37 dari 1 wanita, leukimia 1,75 dan kanker hati 2,23.

Para peneliti mengatakan agak sulit menjelaskan mengapa terjadi perbedaan gender dalam hal angka harapan hidup, tetapi diduga perilaku tumor juga berbeda seperti halnya perbedaan pengobatan yang didapatkan. Misalnya saja penelitian yang menyatakan pria pada umumnya didiagnosis kanker saat kankernya sudah dalam stadium lanjut dibanding dengan wanita.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com