Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayang-bayang Pelecehan Seksual

Kompas.com - 14/07/2011, 08:24 WIB

TANYA :

Dok, saya pernah mengalami pelecehan seksual oleh keluarga dekat. Selama ini belum pernah bercerita kepada siapa pun. Saya juga sering merasa rendah diri dan sulit tampil di depan umum. Bahkan, perkataan dan sikap teman pun bisa sangat berpengaruh terhadap saya (selalu menjadi pikiran). Bahkan fantasi saya juga mengerikan, sering membayangkan hal-hal yang dekat dengan kematian. Dok, saya ingin hidup lebih positif, apa yang harus saya lakukan? 

Hana, 25, Balikpapan

 

 

JAWAB :

Hana yang baik,

Pengalaman mengalami pelecehan seksual memang menimbulkan trauma yang terkadang sulit hilang. Pelecehan seksual yang dialami bisa membuat seseorang menjadi rendah diri, tidak bisa menerima dirinya dan sulit menghargai dirinya sendiri. Ini karena efek dari pikiran yang secara sadar maupun tidak sadar dirasakan oleh si korban.

Si korban merasa kalau dia dilecehkan karena dipandang rendah oleh orang yang melecehkan, pikiran ini akan terus ada dalam pikiran pasien dan mempengaruhi kondisi kejiwaannya bahkan sampai bertahun-tahun setelah kejadian. Inilah mengapa penanganan kasus-kasus pelecehan seksual perlu mendapat penanganan dari profesional di bidang kesehatan jiwa terutama yang mengerti tentang penanganan kasus-kasus pelecehan seksual yang sering menimbulkan Gangguan Stres Paska Trauma.

Hal yang bisa dilakukan Hana saat ini adalah dengan berusaha mencari pertolongan profesional jika Hana merasa trauma tersebut masih terbayang dengan jelas. Salah satu cara mengetahuinya adalah seringnya Hana mengalami mimpi buruk terkait dengan peristiwa, merasa cemas dan ketakutan berada di sekitar orang atau tempat yang mengingatkan akan kejadian, sering mengalami flashback dan terkadang timbul kekhawatiran yang tidak bersebab.

Berpikir positif tentunya perlu dilakukan dengan melatih diri, sayangnya terkadang ini sulit dilakukan jika tanpa bimbingan yang jelas dan tepat. Saya berharap Hana segera mampu mengatasi hal ini agar dapat melanjutkan hidup lebih baik dengan kualitas hidup yang baik.

Salam Sehat Jiwa !

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com