Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permainan Anak Hampir Punah di Bali

Kompas.com - 22/07/2011, 21:03 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Ratusan jenis permainan anak-anak tradisional yang berasal dari sembilan kabupaten/kota di Pulau Dewata hampir punah, tinggal belasan permainan. Bahkan, sebagian anak-anak pun lupa dan tak tahu lagi nama permainannya sekaligus cara bermainnya.

Beberapa anak mengaku jarang bermain di rumah bersama orang tuanya. Namun mereka segera menjawab ketika ditanyakan apa dan jenis permainan modern, seperti game-game online .

Pemerhati budaya dan permainan anak, Made Taro, menyayangkan semakin jarangnya orang tua memperkenalkan anak-anaknya permainan tradisional. Padahal, menurutnya, permainan anak tradisional juga tak kalah menarik serta mampu mengasah kemampuan diri.

"Ya, kami tengah berupaya menginventaris kembali permainan anak tradisional di Bali, apalagi beragam jenisnya di masing-masing kabupaten/kota. Selanjutnya, kami berharap peran pemerintah bisa dominan menghidupkan kembali permainan ini," kata Taro.

Menurutnya, permainan tradisional ini tak terbatas untuk anak-anak saja, melainkan ada beberapa yang bisa dimainkan orang dewasa. Selain itu, lanjutnya, ada permainan tradisional yang hanya dimainkan oleh dewasa dan sakral terkait adat atau u pacara di Hindu Bali.

Taro yang berusia 72 tahun masih aktif mengajak anak-anak untuk bermain tradisional ini serta cerita anak daerah. Ia pun bersyukur beberapa orang tua masih mau mengantarkan anaknya bertandang ke sanggarnya di Denpasar.

Sementara Direktur Tradisi Direktorat Jenderal Nilai Budaya Seni dan Film Poppy Savitri mengakui, saat membuka Pesta Permainan Tradisional Anak, di Denpasar, tidak mudah melestarikan permainan tradisional anak ini. Namun ia mengupayakan akan menggelar pesta permainan tradisional anak ke seluruh Indonesia.

Saat ini, pesta tersebut baru terselenggara di enam kota di Indonesia, antara lain Bandung (Jawa Barat), Padang (Sumatera), termasuk Denpasar. Ratusan peserta anak sekolahj dasar se-Bali akan menggelar permainan anak mulai 23 Juli hingga 24 Juli, di Monumen Perjuangan Bali, Denpasar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com