Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pertanyaan Seputar Kebotakan Pria

Kompas.com - 27/07/2011, 09:55 WIB

KOMPAS.com — Rambut yang terus menipis akibat kerontokan bisa membuat penampilan terlihat lebih tua. Faktanya, 37 persen pria mulai mengalami kebotakan di usia 34 tahun dan sekitar 45 persen di usia 45 tahun. Faktor keturunan memang berperan besar terhadap penipisan rambut, tetapi ada faktor-faktor potensial lainnya.

Robert M Bernstein, profesor dermatologi dari Columbia University, akan menjawab beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan seputar kebotakan pada pria.

1. Sering memakai topi membuat rambut rontok?

Cukup banyak pria yang berpikir sering memakai topi akan membuat kulit kepala tidak bisa bernapas. Faktanya adalah folikel rambut memperoleh oksigen dari sirkulasi darah, bukan lewat udara. Mitos lain yang beredar adalah gen kebotakan berasal dari garis keturunan ibu, padahal meski faktor pihak ibu memang kuat, kebotakan juga bisa diturunkan dari sisi ayah.

2. Bisakah sampo atau conditioner mencegah kerontokan?

Sampo atau produk perawatan rambut biasanya akan membuat rambut terlihat lebih bervolume sehingga rambut terlihat lebih lebat. Namun, produk-produk tersebut kurang efektif memperlambat proses kerontokan. Penelitian menunjukkan, minoxidil dan finasteride, bahan kimia yang terdapat dalam beberapa produk perawatan rambut, cukup efektif menyehatkan bagian akar rambut.

3. Benarkah diet ketat bisa membuat rambut rontok?

Diet ketat yang terlalu bersemangat terkadang akan membuat tubuh kekurangan protein sehingga berpengaruh pada kekuatan rambut. Peristiwa stres berat, seperti diceraikan atau ditinggal mati orang tersayang, juga bisa menyebabkan penipisan rambut. Akan tetapi, kondisi ini biasanya hanya terjadi sementara. Bila stres tersebut sudah diatasi, kerontokan rambut akan berhenti.

4. Berapa kehilangan rambut yang normal?

Jangan panik jika Anda menemukan rambut pada saringan pembuangan kamar mandi atau pada sisir. Kehilangan 50-100 helai rambut setiap hari masih tergolong normal. Rambut sebanyak itu tidak seberapa dibanding lebih dari 100.000 helai rambut di kepala.

5. Wanita tidak suka pria botak?

Dalam sebuah survei yang dilakukan situs gaya hidup pria terungkap, kebanyakan wanita menganggap pria yang botak seluruhnya lebih menarik dibanding pria yang botak separuh. Akan tetapi, secara umum menurut para responden tersebut, yang lebih penting bukan kebotakannya, tetapi bagaimana cara pria merawat dirinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com