Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rp 100 Juta untuk Azka dan Shafa

Kompas.com - 09/08/2011, 04:04 WIB

KOMPAS.com — Gerakan Seribu Rupiah yang dilakukan untuk membantu biaya pengobatan Azka dan Shafa yang mengidap penyakit Guillain Barre Syndrome (GBS) itu kini sudah terkumpul lebih dari Rp 100 juta. Menurut keterangan Taufik Hidayat selaku Koordinator Posko Sekertariat yang ditemui di Posko Sekretariat di Jalan Kayumanis X No 67, Jakarta Timur, gerakan ini baru terbentuk pada hari Minggu (7/8/2011) dengan menempatkan beberapa posko di berbagai wilayah. Sejauh ini sudah ada tujuh posko koordinator wilayah dan posko sekretariat di Kayumanis.

"Ya jangka pendeknya untuk menutup utang orangtua Azka dan Shafa saja. Ayah Shafa masih utang ke pihak Carolus sebanyak Rp 300 juta," kata Taufik. Meskipun pemerintah menyatakan akan membantu biaya pengobatan Azka dan Shafa, menurut Taufik, hingga saat ini belum ada pernyataan hitam di atas putih sehingga Gerakan Seribu Rupiah ini akan tetap dijalankan untuk meringankan beban orangtua Azka dan Shafa.

Diakui Taufik bahwa biaya pengobatan mereka memang memakan biaya yang tidak sedikit. Shafa yang pada awalnya dirawat selama sembilan bulan lebih saja sudah memakan biaya Rp 600 juta, dan Azka yang baru 11 hari dirawat sudah menghabiskan biaya pengobatan sebanyak Rp 100 juta.

Shafa dan Azka hingga saat ini masih di rawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dengan kondisi yang semakin membaik. Taufik mengatakan bahwa Shafa belum bisa lepas dari alat ventilatornya, sedangkan Azka yang awalnya hanya bisa menggerakkan matanya kini sudah terapi duduk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com