Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merawat Keindahan Rambut ala India

Kompas.com - 12/08/2011, 09:18 WIB

KOMPAS.com — Banyak cara merawat rambut, termasuk dengan penggunaan bahan alam, baik ekstrasi maupun bahan asli. Kelapa, misalnya punya banyak manfaat, termasuk minyak kelapa yang berkhasiat untuk rambut dan kulit kepala. Perempuan India dikenal memiliki rambut yang indah berkat kebiasaan merawat rambut dengan mengaplikasikan minyak kelapa.

Minyak kelapa menjadi pilihan generasi pendahulu untuk menyehatkan rambut dan kulit kepala. Jika zaman dahulu minyak kelapa langsung diaplikasikan pada rambut dan kulit kepala, kini produk kosmetik berbahan minyak kelapa banyak tersedia.

Menyuburkan rambut
Salah satu manfaat minyak kelapa adalah membantu mempercepat pertumbuhan rambut sekaligus merawatnya agar tetap indah. Jadi, bagi Anda yang ingin memanjangkan rambut, serahkan saja pada minyak kelapa.

"Minyak kelapa membantu memanjangkan rambut dan membuatnya tumbuh tebal," kata pakar perawatan tubuh dari India, Pratima Raichur. "Cara mengaplikasikannya dengan menggosokkan minyak kelapa ke kulit kepala, diamkan sekitar satu jam, lalu bilas," tuturnya.

Melembutkan rambut
Masih dari India, pakar kecantikan profesional Richa Purohit yang juga Creative Director KeSARI Skin Care, berpendapat sama. Keindahan rambut perempuan Indonesia didapatkan dari khasiat minyak kelapa.

"Setiap satu minggu sekali kami mengaplikasikan minyak kelapa pada rambut. Pilihan lainnya, bisa juga menggunakan minyak zaitun atau minyak almond. Saat mengaplikasikan minyak untuk rambut ini, lakukan pijatan lembut sekitar lima menit, lalu diamkan 10 menit, kemudian bersihkan dengan sampo," kata Purohit.

Perawatan rutin ini, lanjutnya, bisa dilakukan sendiri di rumah. Sebagai pilihan laina, Anda juga bisa menggunakan produk kosmetik yang mengandung minyak zaitun. Perawatan rambut dengan kandungan bahan alami ini bisa melembutkan dan membuat rambut bebas dari stres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com