Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terlalu Sering Seks Malah Sulit Hamil?

Kompas.com - 19/08/2011, 09:38 WIB

TANYA :

Dok saya pria berumur 27 tahun dengan istri berusia sebaya . Kami sudah menikah selama setahun lebih. Dari awal menikah, kami sangat menikmati hubungan intim. Hampir setiap hari berhubungan seks dan bahkan saat hari libur, kami sering melakukannya sampai tiga kali sehari. Akan tetapi, selama ini belum ada tanda-tanda kehamilan pada istri saya. Ada beberapa hal yang saya ingin tanyakan :

1. Apakah karena sering berhubungan  justru menyebabkan sperma saya tidak pernah matang. Pasalnya saya pernah membaca sperma membutuhkan waktu 72 jam untuk matang.  2. Berapa lama sperma dapat diproduksi testis setelah dia keluar dan siap untuk membuahi? 3. Adakah jarak rentang hari yang ideal untuk berhubungan sehingga  dapat memperbesar peluang hamil? Terima kasih dok, mohon  penjelasannya.

(Ari B, 27, Bandung)

 

JAWAB :

Kehamilan mungkin terjadi kalau hubungan seksual dilakukan pada saat subur perempuan. Tentu saja bila kesuburan kedua pihak baik. Tetapi bila kesuburan salah satu atau kedua pihak terganggu, maka kehamilan terhambat. Bahkan boleh jadi pembuahan sel telur oleh sel spermatozoa tidak terjadi.

Kalau hubungan seksual dilakukan di luar saat subur, pasti kehamilan tidak akan terjadi. Dari sudut sperma (kesuburan pria), maka hubungan seksual yang dilakukan dua kali seminggu dianggap cukup untuk mempertahankan kualitas dan kuantitas sperma.

Kalau hubungan seksual dilakukan lebih sering dari itu, kualitas dan kuantitas sperma tidak optimal. Sejak sel muda sampai menjadi sel sperma yang siap membuahi, diperlukan waktu sekitar 74 hari.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com