Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik, Ganti Popok Bayi Sesering Mungkin

Kompas.com - 22/08/2011, 11:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemakaian popok sekali pakai atau diapers pada anak umumnya memudahkan tugas orang tua dalam mengurus sang buah hati, terutama ketika harus berpergian jauh, seperti halnya perjalanan mudik. Tetapi di balik kemudahan tersebut, pemakaian diapers tetap mengundang risiko dan harus diperhatikan secermat mungkin.

Seperti diungkapkan dr. Ayu Partiwi SpA, MARS, spesialis anak dari RS Bunda Jakarta, penggunaan diaper yang tidak tepat justru dapat menimbulkan masalah bagi bayi. Apalagi ketika bayi harus melakukan perjalanan panjang seperti mudik,  penggunaan diapers yang terlalu lama akan memicu gangguan kesehatan pada sang buah hati. 

"Masalah pemakaian diaper pada bayi yang paling sering adalah diaper rash, yaitu iritasi kulit yang disebabkan karena peradangan akibat kulit kontak dengan diaper," kata dokter yang akrab disapa dr Tiwi itu.

Akibat peradangan tersebut, biasanya akan timbul kemerahan pada kulit bayi terutama pada daerah yang tertutup oleh diaper. Bahkan, bukan tidak mungkin akan mengundang infeksi jamur dan bakteri.

Orang tua yang tidak menjaga kebersihan di daerah sekitar genital bayi pascapemakaian diapers dapat berisiko pada terjadinya infeksi saluran kemih (ISK). ISK adalah infeksi bakteri yang terjadi pada saluran kemih. Gejala yang dapat timbul dari ISK yaitu perasaan tidak enak saat berkemih (anyang-anyangan).

Menurut Tiwi, pemakaian diapers dapat memicu terjadinya ISK, apabila bayi mempunyai faktor risiko. Faktor risiko tersebut misalnya, pada bayi yang sedang mengalami diare, sehingga mudah terpapar kuman (bakteri E. Coli) yang berasal dari kotoran lebih sering terpapar dengan uretra (saluran kemih yang terhubung dengan kandung kencing). Pada bayi perempuan dengan perlengketan di daerah vagina atau bayi laki-laki dengan kulup yang sempit (fimosis), juga punya risiko untuk mengalami ISK.

Tiwi menegaskan, diapers pada umumnya aman digunakan asalkan para orang tua rajin mengganti dan selalu menjaga kebersihan pada saat menggantinya.

"Sedapat mungkin daerah genitalnya dan sekitarnya dibersihkan dengan air bersih mengalir. Hati hati dalam pemilihan bahan untuk membersihkan kulit yang terpapar dengan diapers. Kulit biasanya jadi lebih sensitif dan gampang iritasi. Pilih bahan lembut untuk membersihkannya,” jelasnya.

Berikut ini adalah beberapa tips aman penggunaan diapers pada bayi, terutama saat Anda harus berpergian jauh (mudik), seperti yang dipaparkan oleh dr. Tiwi :

1. Ganti diapers sesering mungkin.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com