Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perilaku Positif Saat Remaja, Lebih Sehat Ketika Dewasa

Kompas.com - 22/09/2011, 08:52 WIB

KOMPAS.com - Memiliki anak remaja adalah tantangan tersendiri bagi para orangtua. Selain perilaku remaja yang sering membangkang, orangtua juga dipusingkan akan aksi mereka yang sering tak kenal takut dan gemar menantang bahaya. Namun, menurut penelitian, apabila orangtua dapat mengarahkan agar selalu berada di jalan yang benar, berpikiran positif, dan selalu diliputi kebahagiaan, hal ini akan berdampak besar bagi perkembangan mereka.

Studi yang dilakukan oleh Northwestern University memperlihatkan, sikap positif yang dimiliki oleh para remaja berpengaruh besar bagi tingkat kesehatannya secara umum saat dewasa nanti. Para peneliti menemukan, remaja yang berperilaku positif cenderung lebih rendah risikonya untuk terlibat dalam kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok, minum alkohol, memakai narkoba, atau sekadar menyantap makanan yang tidak sehat. Dan, hal ini akan terus terbawa ketika mereka mulai dewasa nanti.

"Riset ini memperlihatkan pentingnya memupuk sikap positif selama masa remaja, untuk memperbaiki kesehatan jangka panjangnya," kata Lindsay Till Hoyt, salah satu peneliti.

Selain itu, kondisi tubuh dan jiwa yang sehat juga dapat menghindarkan para remaja ini dari potensi depresi di kemudian hari. Dengan adanya bimbingan orangtua dan suasana rumah yang kondusif, hal ini akan lebih mudah diwujudkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com