Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Latihan Peregangan untuk Perjalanan Jarak Jauh

Kompas.com - 23/09/2011, 10:50 WIB

KOMPAS.com - Pemanasan yang baik akan membuat Anda siap melakukan semua kegiatan mengangkat dan duduk lama selama perjalanan, terutama di pesawat.

Christopher Cooper, MD dari UCLA School of Medicine menyarankan sejumlah latihan rutin bagi mereka yang cenderung mengalami badan kaku dan sakit punggung selama melakukan perjalanan.

Berikut rangkaian latihan peregangan yang bisa dilakukan di rumah sebelum melakukan perjalanan, terutama perjalanan jarak jauh menggunakan pesawat. Lakukan juga sekali lagi latihan ini di ruang tunggu bandara, dan setiap tiga jam di dalam pesawat.

1. Bungkukkan badan ke depan dari posisi berdiri, dan sentuh jari kaki. Kemudian kembali ke posisi semula.

2. Berdiri sekitar satu meter dari sekat atau dinding, sentuh dinding dengan kedua telapak Anda. Jaga punggung tetap tegak, tekuk siku, dan lutut kiri, sementara kaki kanan tetap lurus. Ulangi dengan kaki satunya.

3. Berdiri tegak, tundukkan kepala kemudian tegakkan kembali. Selanjutnya dekatkan telinga kiri ke bahu kiri, dan sebaliknya. Terakhir, tengokkkan kepala ke kiri dan ke kanan.

4. Angkat satu kaki beberapa sentimenter, putar pergelangan kaki ke segala arah (kanan-kiri, atas-bawah). Lakukan juga peregangan pada jari kaki. Ulangi pada kaki yang lain.

Lakukan latihan peregangan ini secara perlahan dan seimbang, sampai pada titik Anda merasa otot tidak dapat meregang lebih jauh lagi. Tahan selama 30 detik, lalu lemaskan badan dengan menggoyang-goyangkan tangan dan kaki. Jangan melompat. Ulangi rangkaian latihan ini sebanyak enam kali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com