Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asupan Zinc Berlebih Memicu Epilepsi

Kompas.com - 24/09/2011, 11:16 WIB

KOMPAS.com - Zinc (seng) adalah mineral penting yang terdapat pada hampir setiap sel. Riset terbaru menunjukkan seng memainkan peran kunci dalam meningkatakan memori seseorang. Tetapi harus diingat pula, asupan zinc yang berlebih justru dapat memicu serangan epilepsi.

Temuan ini dipublikasikan dalam Journal Neuron. Peneliti berkesimpulan, seng berperan penting dalam membentuk komunikasi antara neuron-neuron di bagian otak besar (hippocampus), yang merupakan pusat memori dan pembelajaran.

"Kami menemukan bahwa seng penting untuk mengontrol efisiensi antara dua populasi sel saraf di hippocampus, kata peneliti utama Dr James McNamara, dari Duke University Medical Center, North Carolina, AS.

Penelitian ini berdasarkan hasil uji coba pada tikus, dimana para ilmuwan menggunakan bahan kimia pengikat seng. Tanpa adanya mineral, komunikasi antara neuron pada otak tikus mengalami kerusakan. Meski begitu, McNamara mengakui masih sedikit temuan yang menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi zinc dengan peningkatan memori.

Disamping itu, McNamara juga memperingatkan agar masyarakat tetap berhati-hati khususnya dalam mengonsumsi suplemen yang mengandung zinc. "Diperlukan kehati-hatian dalam mengonsumsi zinc karena selain penting untuk memori, asupan zinc yang berlebih juga dapat mengembangkan serangan epilepsi,"katanya.

Zinc dapat ditemukan di berbagai macam makanan seperti biji-bijian, kacang-kacangan, beberapa makanan laut tertentu, padi-padian dan gandum, sereal dan produk susu. Namun, kandungan zinc paling banyak dapat  ditemukan pada tiram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com