Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa "Malas" Berhubungan Seksual?

Kompas.com - 02/10/2011, 18:26 WIB

TANYA :

Dok.... Sudah setahun ini saya malas sekali untuk berhubungan seksual. Entah kenapa, saya sendiri juga bingung. Sampai-sampai, suami saya mengeluh, kenapa sekarang ini saya tidak pernah  mengajak untuk berhubungan terlebih dahulu? Dan setelah berhubungan, saya tidak pernah mau berlama-lama. Sebenarnya apa yang saya alami ini ya Dok? Saya tidak pernah mengalami trauma tertentu, hanya saja rumah tangga kami setahun belakangan ini sepertinya sudah tidak harmonis lagi. Apakah itu salah satu penyebab dari berkurangnya minat saya dalam berhubungan. Mohon sarannya dok. Terima kasih

(Indri, 33, Jakarta)

 

TANYA :

Perlu lebih jelas, apa yang Anda maksud dengan "malas". Saya pikir, ada dua kemungkinan dengan istilah "malas" yang Anda maksudkan. Pertama, malas dalam artian tidak bergairah melakukan hubungan seksual. Kedua, malas karena hubungan seksual yang dilakukan selama ini tidak menyenangkan. Keduanya dapat saling berkaitan.

Kalau selama ini hubungan seksual yang Anda lakukan tidak menyenangkan, maka akibatnya gairah seksual Anda hilang. Sebaliknya, kalau gairah seksual Anda hilang karena penyebab tertantu, maka hubungan seksual pasti tidak menyenangkan.

Tetapi karena rumah tangga Anda dan suami tidak harmonis sejak setahun ini, maka boleh jadi itu mengakibatkan gairah seksual Anda hilang. Lebih jauh mengakibatkan Anda menjadi "malas" untuk melakukan hubungan seksual, apalagi memulai.

Cobalah ketidakharmonisan itu diatasi dulu sesuai apa penyebabnya. Selanjutnya tentu dperlukan konsultasi lebih jauh untuk memastikan apa yang sebenarnya Anda alami, dan apa penyebabnya. Dengan demikian masalah ini dapat diatasi dengan tuntas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com