Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Salah Memasak Pasta

Kompas.com - 09/10/2011, 11:16 WIB

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, pasta terbilang hidangan yang paling mudah dimasak. Namun tanpa Anda sadari, ternyata Anda memasak dengan cara yang salah. Ingin tahu dimana letak kesalahan Anda?

Menambahkan minyak agar pasta tak menempel. Cara ini sebenarnya salah. Minyak memang dapat mencegah air dari busa yang keluar, namun tak akan mencegah pasta menempel satu sama lain. Untuk menjaga agar pasta tidak lengket satu sama lain, masukkan pasta saat air benar-benar sudah mendidih, sambil diaduk sesekali dengan cepat. Kemudian setelah matang, segera campur dengan saus pasta.

Membilas pasta setelah matang. Setelah pasta matang, biasanya orang lalu membilasnya dengan air dingin agar tidak lodoh (benyek atau berair). Namun, hal ini juga ternyata kurang tepat. Membilas pasta dengan air akan membuat rasanya menjadi aneh akibat air bilasan dan berair. Dengan membilas pasta dalam air, zat tepung dalam pasta akan hilang. Akibatnya saus pasta yang ditambahkan ke dalamnya tidak akan meresap dan menempel dalam helaian pasta.

Tidak menambahkan garam dalam air rebusan. Ketika memasak pasta, menambahkan garam memang sebaiknya dilakukan. Pasta akan hambar jika dimasak tanpa tambahan garam. Tambahkan setidaknya 1 sendok makan garam ke dalam 0,5 kg pasta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com