Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Pose Yoga Untuk Kembalikan Mood

Kompas.com - 14/10/2011, 17:55 WIB

KOMPAS.com - Tanpa bisa dihindari, selalu ada saja hal yang bisa mengganggu suasana hati Anda setiap hari. Bisa karena tiba-tiba dimarahi atasan atau karena gagal mengambil uang di ATM padahal Anda sedang sangat membutuhkan. Agar aktivitas lainnya tidak ikut terganggu, Anda butuh "obat" mujarab dalam waktu singkat. Nah, salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan peregangan atau gerakan yoga sederhana.

"Dengan menstimulasi kelenjar tertentu, yoga dapat membantu otak Anda melepaskan senyawa yang bisa memperbaiki suasana hati," kata instruktus yoga Sara Ivanhoe. Karenanya, coba lakukan empat pose ini untuk menyeimbangkan pikiran dan tubuh Anda. Tahan setiap posisi selama beberapa detik sambil mengambil napas dan mengembuskannya, lalu lepaskan, dan ulangi.

1. Sedang bosan
Ambil posisi seperti sedang merangkak. Kedua tangan menempel di lantai, terbuka kira-kira selebar bahu. Kedua telapak kaki menempel di dinding. Perlahan geser kaki kanan ke arah atas dinding, diikuti dengan kaki kiri. Pertahankan posisi punggung agar tetap lurus, kedua kaki sejajar dengan lantai, sehingga tubuh Anda membentuk huruf L terbalik.

2. Sedang sedih
Berlututlah dengan posisi kedua kaki terbuka selebar pinggul, jari kaki diarahkan ke belakang. Kontraksikan otot perut, lalu turunkan tulang ekor Anda ke arah bawah. Tempatkan kedua tangan di bagian punggung bawah, lalu kencangkan area siku. Busungkan dada dan condongkan tubuh ke arah belakang, perlahan-lahan geser posisi tangan ke arah lebih bawah, kalau bisa hingga tangan menyentuh tumit.

3. Sedang lelah
Tempelkan kedua telapak tangan di depan dada, seperti akan berdoa. Buka kedua kaki sedikit lebih lebar daripada pinggul, buka posisi jemari kaki sekitar 45 derajat ke luar, lalu turunkan tubuh seperti akan berjongkok. Saat tulang ekor Anda turun ke bawah, busungkan dada Anda.

4. Sedang cemas
Untuk pose yang satu ini, carilah ruangan yang cukup lapang. Berdirilah dengan kedua kaki terbuka lebar ke samping, rentangkan kedua tangan di samping tubuh. posisikan kaki kanan ke arah luar sehingga menyamping, sementara kaki kiri menunjuk ke depan. Tekuk lutut kanan Anda 90 derajat, lalu melihatlah ke arah kanan. Ganti kaki, lalu ulangi lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com