Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Remehkan Infeksi akibat Lensa Kontak

Kompas.com - 29/10/2011, 11:39 WIB

Kompas.com - Hindari membeli lensa kontak tanpa menggunakan resep dokter. Penggunaan yang tidak tepat bisa menyebabkan infeksi mata bahkan kebutaan.

Di negara maju seperti Amerika Serikat, lensa kontak termasuk dalam alat kesehatan yang diatur oleh badan pengawas obat dan makanan (FDA). Pembelian lensa kontak tanpa resep dokter adalah tindakan ilegal di negara tersebut.

Akan tetapi saat ini di pasaran kita dengan mudah bisa mendapatkan lensa kontak dekoratif yang bisa memberi efek spesial pada mata. Lensa kontak dekoratif tidak berfungsi memperbaiki penglihatan tetapi bisa mengubah warna bola mata bahkan membuatnya seperti mata kucing.

Yang dikhawatirkan adalah lensa kontak dekoratif yang tidak terdaftar. "Lensa kontak yang tidak tepat menutupi bola mata atau terbuat dari bahan yang tidak aman bisa menyebabkan luka dan infeksi pada mata, bahkan kebutaan," kata Dr.Thomas Steinemann, profesor ophthalmology atau ahli kesehatan mata.

Ia mengatakan pernah merawat gadis berusia 14 tahun yang menderita infeksi kebutaan atau dalam bahasa medis Pseudomonas aeruginosa, setelah memakai lensa kontak tanpa resep.

"Infeksinya berlangsung sangat cepat, dalam 24 jam. Untung ia langsung dibawa ke rumah sakit. Infeksinya berhasil ditangani tapi korneanya memiliki luka parut sehingga ia harus menjalani transplantasi kornea agar tidak buta," katanya.

Stinemann mengingatkan bahwa di tangan dan wajah kita ada banyak bakteri. Memakai lensa kontak tanpa menjaga kebersihan bisa menyebabkan infeksi.

"Jika kita membeli lensa kontak dengan resep dokter, ia akan mengedukasi pengguna lensa kontak bagaimana cara memakai dan membersihkannya sehingga lensanya tetap steril," paparnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com