Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obsesi Kompas, Jelajah Sepeda Sabang-Merauke

Kompas.com - 31/10/2011, 20:56 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak cukup telah menggelar dua ekspedisi dan satu yang akan berjalan, Harian Kompas memiliki obsesi untuk menggelar jelajah bersepeda keliling Indonesia dari Sabang di barat Aceh sampai Merauke di timur Papua.

Redaktur Pelaksana Kompas Budiman Tanuredjo mengatakan, mimpi yang pertama muncul dari Pemimpin Umum Kompas Jakob Oetama itu diharapkan dapat terwujud pada 28 Juni 2015 . Saat itu, usia Kompas genap setengah abad.

"Mimpi itu tentu tidak dikerjakan secara sendiri-sendiri tapi bisa dengan estafet," kata Budiman saat jumpa pers Jelajah Jakarta-Palembang di Bentara Budaya di Jakarta, Senin (31/10/2011).

Sebelumnya, Kompas menggelar Ekspedisi Anyer-Panarukan De Grote Postweg tahun 2008 (17 pesepeda) dan Jelajah Surabaya-Jakarta tahun 2010 (32 pesepeda). Kamis pekan ini, Kompas akan menggelar Jelajah Jakarta-Palembang (50 pesepeda) menempuh rute lebih kurang 800 kilometer dalam rangka SEA Games XXVI.

Budiman berharap agar jelajah selanjutnya melibatkan lebih banyak komunitas sepeda dari berbagai daerah. Kontiunitas menggelar jelajah sepeda ini, kata Budiman, sebagai langkah Kompas untuk mengajak masyarakat mengurangi efek rumah kaca akibat polusi udara serta mengurangi kepadatan kendaraan bermotor.

Selain itu, tambah Budiman, pihaknya menginginkan menggelar berbagai kegiatan yang tidak bisa dikerjakan oleh koran lain. "Kompas akan mengupayakan liputan jurnalistik yang berbeda dengan koran lain," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com