Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Libido Naik Saat Membaca Buku?

Kompas.com - 10/11/2011, 09:02 WIB

TANYA :

Dok, setiap kali membaca buku yang memeras otak, saya sering merasakan meningkatnya gairah seksual. Hal itu ditandai dengan fisiologi berupa ritme denyut jantung yang tak menentu, serta urat nadi berdetak sangat cepat. Bahkan kelenjar pada alat kelamin secara otomatis menjadi sensitif. Saya tidak mengkonsumsi makanan dengan kandungan protein yang terlalu tinggi. Apakah hal ini secara seksual wajar? Bagaimana mengatasinya? Terima kasih.

(Day Milovich, 30, Semarang)

 

JAWAB :  

Seharusnya kalau membaca buku yang memeras otak, dorongan seksual justru tertekan, tidak bangkit. Tidak lazim kalau membaca buku yang memeras otak lalu gairah seksual meningkat.

Alasannya karena dari buku itu tidak ada rangsangan seksual apapun yang diterima. Denyut jantung dan nadi yang meningkat tidak selalu terjadi karena gairah seksual meningkat.

Boleh jadi, ketika membaca buku itu, terjadi rangsangan ke syaraf parasimpatis, tetapi tidak berkaitan dengan gairah seksual. Saya pikir Anda tidak perlu khawatir atau bingung. Keadaan ini tidak perlu diatasi karena akan hilang sendiri.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com