Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Diet Sehat Simbang Bagi Anak

Kompas.com - 16/11/2011, 12:51 WIB

KOMPAS.com - Diet sehat dan seimbang sangat diperlukan oleh semua orang tanpa memandang usia, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Diet tidak sehat seperti tinggi lemak dan gula saat ini masih menjadi penyebab utama kekurangan gizi pada anak-anak di era makanan cepat saji.

Kondisi tersebut semakin di perparah dengan fakta bahwa anak-anak seringkali dibiarkan sendiri memilih makanan ketika orangtua mereka bekerja sehingga rentan mengalami kekurangan gizi. Fakta menunjukkan, gizi buruk dapat mempengaruhi pertumbuhan fisik anak. Namun, jumlah asupan makanan yang rendah vitamin dan mineral juga turut mempengaruhi prestasi belajar anak.

Seorang anak dengan gizi buruk sangat mungkin untuk mengalami kesulitan belajar dan tingkat IQ-nya juga cenderung lebih rendah ketimbang anak yang mendapatkan asupan nutrisi penting. Bahkan, masalah gizi buruk dapat mempengaruhi belajar dan kecerdasan anak Anda sejak masih dalam kandungan.

Seorang ibu yang tidak dapat memenuhi asupan nutrisi saat hamil cenderung melahirkan anak dengan berat badan lahir rendah. Anak-anak ini tidak hanya mengalami masalah belajar, tapi juga berakhir dengan masalah pendengaran dan penglihatan.

Jika anak Anda kekurangan zat besi, ia mungkin mengalami masalah dalam hal konsentrasi, mudah marah, dan juga memiliki daya konsentrasi yang rendah. Gangguan IQ permanen di kemudian hari juga dapat terjadi sebagai akibat kekurangan zat besi pada bayi. Terlebih lagi, anak-anak yang kekurangan zat besi dan anemia juga berisiko memiliki masalah dalam pengembangan kosakata serta memiliki masalah dalam membaca dan akademik lainnya.

Rendahnya tingkat protein dalam makanan dan kerap melewatkan sarapan telah di identifikasi sebagai penyebab utama lemahnya fungsi kognitif pada anak-anak. Meningkatnya popularitas makanan cepat saji pada anak-anak juga menyebabkan gizi buruk pada anak-anak serta remaja. Makanan ini sangat rendah kandungan vitamin dan mineral, tetapi tinggi lemak dan gula (sangat tidak sehat bagi tubuh serta pikiran).

Anak-anak harus mengkonsumsi berbagai nutrisi seperti protein, karbohidrat kompleks, mineral dan vitamin. Jika anak Anda tidak mendapatkan ini melalui makanan, berikan dia multivitamin khusus anak-anak.

Nutrisi yang tepat dapat membantu anak Anda unggul dalam pelajaran dan meningkatkan keterampilan belajarnya. Pastikan bahwa diet anak Anda mencakup semua nutrisi yang diperlukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com