Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai Nyeri Haid Berat

Kompas.com - 19/11/2011, 12:02 WIB

Kompas.com - Jangan abaikan keluhan nyeri haid yang berat. Apalagi jika nafsu makan menghilang dan terjadi penurunan berat badan meski tidak melakukan diet. Menurut penelitian itu merupakan gejala-gejala kanker ovarium.

Walau pun kanker ovarium sering tidak bergejala, tetapi menurut penelitian di Singapura, jenis kanker ovarium yang agresif banyak ditemukan pada wanita yang menderita endometriosis.

Endometriosis adalah kondisi di mana lapisan dalam rahim yang bertanggung jawab pada menstruasi ditemukan di luar rahim. Gejalanya adalah nyeri haid yang berat, nyeri pada bagian panggul dan sulit hamil.

Penelitian dilakukan oleh Profesor Tay Sun Kuie dari Singapore General Hospital. Ia melakukan penelitian terhadap 256 pasien kanker ovarium.

Ia menemukan perempuan yang tidak pernah hamil beresiko 14 persen lebih tinggi menderita kanker yang agresif ini dibandingkan pasien yang setidaknya pernah melahirkan satu anak. Penderita kanker ini juga mayoritas adalah wanita yang menderita nyeri haid berat.

Selain itu diketahui pula bahwa terjadi kenaikan penderita jenis kanker ovarium yang agresif. Kanker ini diderita 13,4 persen pasien kanker ovarium di tahun 2007.

Menurut data angka harapan hidup pasien kanker ini rendah, yakni kurang dari 40 persen, dibandingkan dengan jenis kanker ovarium lainnya yang mencapai 70 persen jika dideteksi dini.

"Kami berharap hasil penelitian ini membantu dokter dalam diagnosa yang lebih baik terutama dalam kasus kanker ovarium," katanya.

Ia juga menyarankan agar para wanita lebih mengenali tubuh masing-masing, terutama lebih waspada jika ada gejala yang tidak biasa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com