Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Azizah Foundation Bantu Pasien Hidrosefalus

Kompas.com - 19/11/2011, 16:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah lembaga sosial di bilangan Kemang Timur, Jakarta Selatan, Azizah Foundation, menyatakan siap membantu biaya pengobatan medis para penderita hidrosefalus. Tidak hanya berwujud finansial, mereka pun menyediakan jasa pendampingan dan konsultasi kesehatan sebelum maupun sesudah operasi.

Konsultan penanganan hidrosefalus Yayasan Azizah (Azizah Foundation) dr Mariana menjelaskan, sebagai unit informal, mereka telah memberikan bantuan biaya kepada keluarga penderita sejak 2002 . "Sampai saat ini sudah lebih dari 80 pasien yang kami tangani," kata Mariana kepada KOMPAS.com, Sabtu (19/11/2011).

Setelah sekian lama membantu penderita penyakit dengan potensi ratio menimpa satu dari 1.500 kelahiran bayi, Hani Yahya Assegaf, pioner Azizah Foundation memutuskan pendirian lembaga berbadan hukum resmi. Meskipun sebagai lembaga nirlaba, Azizah Foundation telah berdiri pada 2009 , namun sebagai badan hukum Azizah mendapat status resmi pada 15 Juni 2011 dengan keluarnya pengesahan Departemen Hukum HAM.

Hidrosefalus adalah penyakit yang terjadi akibat gangguan aliran cairan di dalam otak (cairan serebrospinal) yang mengakibatkan membesarnya kepala dan menekan jaringan otak dan saraf-saraf di sekitarnya.

Penyebab penyakit yang menimba anak-anak ini terbagi atas dua, yaitu gangguan perkembangan janin dalam rahim (congenital) dan infeksi yang terjadi saat ibu mengandung.

Sayangnya, hidrosefalus belum menjadi salah satu penyakit yang mendapat perhatian serius di negeri ini. Padahal, keterlambatan penanganan bisa menyebabkan kecacatan dan kematian penderita.

Sebagai suatu lembaga, Azizah Foundation berupaya memberi perhatian lebih pada penanganan penyakit yang secara fisik tampak dalam bentuk pembesaran kepala tersebut. "Soalnya lagi, penyakit ini rentan dialami kaum miskin," kata Mariana.

Kurangnya asupan gizi dan pola hidup yang kurang sehat, lanjutnya, adalah penyebab munculnya hidrosefalus pada warga kurang mampu.

Atas dasar itu, pendiri sekaligus ketua Azizah Foundation Hani Yahya Assegaf lantas menggagas pendirian lembaga informal yang secara khusus memberi perhatian pada penderita hidrosefalus. Hani Yahya memiliki putra yang sebelumnya menderita hidrosefalus.

"Berkat penanganan yang tepat dan dini, anaknya sekarang tampak sehat, normal diusia 13 tahun dan berprestasi di sekolahnya," ungkap Mariana.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com