Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disabotase, Operasi Kilang Minyak Yaman Terhenti

Kompas.com - 23/11/2011, 00:21 WIB

ADEN, KOMPAS.com — Operasi-operasi di kilang minyak Aden terhenti karena pasokan minyak mentah tidak ada setelah satu pipa diserang dalam aksi sabotase terhadap instalasi-instalasi minyak dan gas di Yaman, kata seorang pejabat perusahaan minyak milik pemerintah.

"Operasi-operasi perusahaan telah dihentikan karena tidak ada minyak mentah," kata seorang pejabat perusahaan Aden Refinery Company milik pemerintah itu, Selasa (22/11/2011).

"Pasokan minyak mentah ke kilang itu terhenti sejak Sabtu (19/11/2011) setelah pipa yang menghubungkan provinsi Marib (timur) ke terminal Ras Issa di Hudaydah (di pantai barat) disabotase pada Jumat," kata pejabat yang tidak bersedia disebutkan namanya.

Pejabat itu memperingatkan bahwa kekurangan minyak akan terjadi lagi dalam beberapa hari ke depan di Yaman, satu negara miskin yang dilanda krisis politik yang menyebabkan ekonominya di ambang ambruk. Banyak daerah Yaman telah menghadapi kekurangan produk minyak.

Cadangan minyak yang disuling dapat memasok pasar lokal 10 hari, kata pejabat itu dan memperingatkan akan terjadi kekurangan minyak yang parah jika pemerintah tidak bertindak.

Pipa-pipa minyak dan gas sering diserang di negara Semenanjung Arab selatan yang kacau itu baik oleh kelompok suku maupun gerilyawan Al Qaeda.

Pipa ekspor minyak Yaman di daerah Wadi Obeida, timur Sana'a, diledakkan bulan lalu.
Juga pada Oktober, ekspor gas dari terminal Belhaf di Teluk Aden terhenti sekitar 10 hari setelah pipa sepanjang 320 km dari Marib diserang di provinsi Shabwa.

Yaman biasanya mengekspor 105.000 barrel minyak mentah per hari di luar dari sekitar 300.000 barrel yang diproduksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com