Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komnas Perempuan Luncurkan Kampanye Anti-Kekerasan terhadap Perempuan

Kompas.com - 24/11/2011, 19:06 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) meluncurkan kampanye Gerakan Anti Kekerasan terhadap Perempuan bertempat di gedung Komnas Perempuan Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (24/11/2011). Masruchah, Wakil Ketua Komnas Perempuan menyatakan, kegiatan ini akan berlangsung selama 16 hari,25 November - 10 Desember 2011.

"Ini merupakan agenda tahunan. Tahun ini kita fokuskan pada masalah perkosaan terhadap perempuan," jelas Masruchah.

Dari berbagai bentuk tindak kekerasan yang dialami kaum perempuan, pelecehan seksual, khususnya kasus perkosaan menempati urutan tertinggi sepanjang tahun 2010-2011, imbuh Masruchah. Karena itu, selain menyatakan keprihatinan mendalam kepada para korban, ia berharap kegiatan yang akan dilaksanakan mulai besok akan mendapat perhatian serius masyarakat Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Masruchah juga mengungkapkan keprihatinan atas penanganan kasus-kasus pelecehan seksual lantaran aparat hukum tidak mampu memberikan ganjaran setimpal pada para pelaku.

"Biasanya karena dianggap kurang alat bukti. Bisa juga karena proses pengadilan kurang memihak kepada korban," kata Masruchah.

Ia menilai, struktur kekuasaan ikut berperan dalam maraknya kasus pelecehan seksual, sebagaima terlihat dalam kasus petinggi BPN DKI Jakarta, kasus pemerkosaan oleh oknum jaksa atas tahanan di Sidoarjo, Jawa Timur, hingga kasus Anand Krishna. Karena itu, Komnas Perempuan berharap, aparat hukum dapat bersikap tegas dan teliti dalam mengungkap kasus-kasus pelecehan seksual demi membatasi terjadinya kejadian serupa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com