Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyusui Hanya dengan Satu Payudara, Bahayakah?

Kompas.com - 12/12/2011, 09:51 WIB

TANYA :

Saya ibu dari bayi usia 7 bulan. Sampai sekarang, bayi saya masih menyusui, tetapi dari minggu pertama saya menyusui, payudara kiri saya tidak keluar ASI- nya. Sehingga, bayi saya hanya mau menyusui dari payudara kanan saya saja sampai saat ini. Berbahayakah bagi payudara saya? Berpengaruhkah nantinya akan tumor atau kanker payudara? Sebagai catatan, payudara kiri saya tidak ada gejala benjolan apapun dan tidak keras seperti payudara kanan kalo tidak disedot bayinya, terima kasih banyak atas jawabannya.

(Haryati, 29, Bekasi)

JAWAB :

Sebelumnya salam kenal untuk Ibu Haryati.  Wah hebat, ibu masih menyusui bayi ibu sampai usia 7 bulan, walaupun hanya dari satu payudara.  Berarti, sekarang bayi ibu sudah mulai makan makanan padat nih :)

Ibu khawatir dengan kondisi payudara yang tidak disusukan? Selama ibu tidak merasakan sakit atau ada benjolan di payudara kiri ibu, berarti payudara kiri ibu sehat-sehat saja.  Kalau ibu ingin lebih yakin mungkin ibu bisa melakukan pemeriksaan payudara ke dokter yang kompeten perihal tersebut.  Semoga membantu. Salam ASI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com