Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Masih Tertinggal

Kompas.com - 13/12/2011, 13:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS - Indonesia masih tertinggal dari negara-negara tetangga dalam penanganan kasus kematian ibu. Harus dilakukan upaya keras untuk mengatasi dan menyiasati segala tantangan untuk meningkatkan angka harapan hidup ibu.

Angka kematian ibu (AKI) di Indonesia menurut Kementerian Kesehatan sebesar 228 per 100.000 kelahiran hidup. Padahal, targetnya tercapai AKI paling tidak 102 per 100.000 kelahiran hidup pada 2015.

"Apabila melihat penurunan AKI di Indonesia tampaknya kita harus bekerja lebih keras," ucap Slamet Riyadi Yuwono, Direktur Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu Anak Kementerian Kesehatan, Senin (12/12/11) di Jakarta.

Ia menjadi pembicara kunci dalam Seminar Nasional Percepatan Penurunan AKI dalam Upaya Pencapaian MDGs 2015 yang digelar Women Research Institute (WRI). Slamet membeberkan beberapa tantangan mencapai target 2015 adalah disparitas pelayanan kesehatan yang dilatarbelakangi masalah sosial, ekonomi, geografis desa-kota.

Kedua, kualitas dan kuantitas sumberdaya tenaga kesehatan belum mencukupi kebutuhan. Ketiga, penurunan dana daerah untuk sektor kesehatan. Keempat, integrasi pelayanan kesehatan dasar dan pelayanan kesehatan rujukan belum berjalan optimal. Kelima, intervensi yang evidence-based belum mencakup keseluruhan dan diperberat dengan tak terkendalinya pertambahan penduduk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com