Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semangat Olahraga Menurun Saat Remaja

Kompas.com - 23/12/2011, 12:41 WIB

Kompas.com - Semangat dalam melakukan aktivitas fisik ternyata merosot saat seorang remaja mulai memasuki perguruan tinggi. Tren ini akan terus berlanjut sampai seseorang memasuki usia dewasa. Dengan kata lain, makin bertambah usia makin malas lah mereka berolahraga.

Demikian kesimpulan yang didapat para peneliti dari McMaster University, Ontario, Kanada. Mereka melakukan wawancara terhadap 683 remaja Kanada berusia 12-15 tahun. Remaja tersebut diwawancarai dua kali dalam setahun selama periode 12 tahun sampai mereka berusia 24-27 tahun.

Hasil studi menunjukkan semangat berolahraga para remaja itu turun sekitar 24 persen saat mereka mulai kuliah. Penurunan terbesar terjadi pada laki-laki muda.

"Ini adalah periode kritis terkait aktivitas fisik selama transisi dari masa remaja akhir ke masa dewasa awal," kata peneliti utama studi tersebut, Matthew Kwan, dari Departemen Kedokteran Keluarga di Michael G. DeGroote Schoool.

Berbeda dengan remaja laki-laki temuan ini tidak menunjukkan ada perubahan penurunan aktifitas yang signifikan pada perempuan. Keseluruhan tingkat aktivitas fisik mereka hanya turun 1,7 persen.

Sayangnya tidak dijelaskan apa yang menjadi penyebab menurunnya keinginan para remaja untuk berolahraga.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com