Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atraktif dan Cerdas, Citra Si Rambut "Brunette"

Kompas.com - 06/01/2012, 10:41 WIB

KOMPAS.com - Anda berencana mengganti warna rambut? Jika saat ini Anda masih memilah dan memilih warna rambut, hasil studi University of Westminster di Inggris tentang persepsi pria soal warna rambut ini bisa menjadi bahan pertimbangannya.

Pria lebih tertarik dengan perempuan yang memiliki warna rambut brunette dibandingkan pirang, karena dianggap lebih menarik dan cerdas. Tentunya, Anda berhak memilih warna sesuka hati, dan tak mutlak menggantungkan pilihan gaya berpenampilan hanya dari persepsi pria. Tampil dengan gaya rambut yang memberikan kesan cerdas, bisa jadi pilihan menarik, bukan?

Peneliti dari University of Westminster meminta bantuan kepada tiga perempuan dengan warna rambut brunette, pirang dan merah, untuk mengunjungi klub malam di London. Cara ini dipilih untuk mengukur perempuan dengan warna rambut seperti apa yang tampil lebih menarik. Para peneliti kemudian memerhatikan, kepada siapa pria memberikan perhatian atau bahkan mulai mendekatinya.

Studi yang diterbitkan di Scandinavian Journal of Psychology ini melibatkan 130 responden pria. Hasil temuannya menunjukkan pria memang lebih banyak mengobrol dengan perempuan berambut pirang. Namun, ketika diminta memberikan peringkat, pria memilih perempuan berambut brunette untuk kategori atraktif dan kecerdasan.

Menurut riset ini, pria memang lebih sering mendekati dan berbincang dengan perempuan berambut pirang. Peneliti mengamati, perempuan berambut pirang didekati pria sebanyak 60 kali, sementara perempuan berambut brunette 42 kali, dan si rambut merah 18 kali. Namun, anggapan terhadap si rambut pirang kini semakin bergeser ke arah yang cenderung negatif.

"Hasil riset ini merefleksikan peralihan dalam fashion, di mana sosok ideal perempuan kini mengacu kepada mereka yang berberambut brunette, seperti yang pernah terjadi beberapa dekade silam, di mana perempuan berambut pirang dianggap ideal," jelas peneliti Dr Viren Swami. Ia menambahkan,"Di era 60-70-an, ketika Jackie Kennedy menjadi ikon sosok ideal, rambut brunette juga menjadi warna rambut paling ideal untuk perempuan secara umum. Namun di era 70-80-an, idealitas ini beralih ke rambut pirang. Kini, lebih banyak reaksi buruk terhadap rambut pirang, dan anggapan bahwa si rambut pirang identik dengan 'kebodohan' semakin dominan."

Jika si rambut brunette lebih atraktif, lantas mengapa pria lebih memilih mengajak si rambut pirang untuk berbincang? Dr Swami berpendapat, si rambut pirang identik dengan daya tarik seksual dan pria merasa lebih mudah mendekatinya. Pria lebih sering mendekati rambut pirang karena lebih minim risiko atas penolakan. Sederhananya, pria merasa lebih mudah mendekati si rambut pirang yang takkan menolak rayuan pria. Dr Swami juga menilai, perempuan berambut pirang, di mata pria, boleh jadi mewakili jiwa muda, vitalitas dan kemampuan reproduksi.

Apapun persepsi pria, faktanya semakin banyak perempuan memilih rambut brunette. Banyak selebriti dunia yang mengganti warna rambutnya dari pirang menjadi brunette, sebut saja bintang 90210 AnnaLynne McCord bahkan persona yang terkenal dengan rambut pirangnya, Louise Redknapp mengubah rambutnya menjadi brunette.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com