Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seprofesi tapi Kok Gaji Lebih Kecil?

Kompas.com - 10/01/2012, 10:55 WIB

KOMPAS.com - Bila Anda dan teman menjalani profesi yang sama, tapi gaji si teman lebih besar, jangan cepat berburuk sangka. Ada lima alasan yang memungkinkan gaji Anda dan teman seprofesi berbeda.

Pengalaman kerja, keahlian dan latar belakang pendidikan bisa berpengaruh pada besarnya gaji yang diterima seorang karyawan.

Semakin besar perusahaan tempat Anda bekerja, makin besar juga peluang mendapat penghasilan besar. Tapi, biasanya, gaji besar juga disertai dengan tanggung jawab yang lebih besar.

Industri tempat Anda bekerja umumnya juga memiliki standar gaji yang berbeda. Staf keuangan di perbankan dengan staf keuangan di industri media tentu standar gajinya berbeda.

Gaji di daerah tentu berbeda dengan di ibukota. Biasanya faktor besarnya biaya hidup di sebuah kota juga ikut menentukan besaran gaji.

Ada sebagian perusahaan yang menawarkan gaji tidak terlalu besar, tapi fasilitas dan kesejahteraannya sangat terjamin. Karena itu, sebelum menerima tawaran kerja, cari tahu info lengkapnya lebih dahulu untuk menjadi bahan pertimbangan.

(Majalah Chic/Bestari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com