Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kopi Decaf Kurangi Risiko Diabetes

Kompas.com - 18/01/2012, 17:29 WIB

Kompas.com - Kopi sudah sejak lama dikaitkan dengan pencegahan penyakit diabetes. Namun baru kali ini para ilmuwan Cina berhasil mengungkap apa yang menyebabkan minuman populer ini efektif mencegah diabetes.

Para ilmuwan menemukan tiga senyawa dalam kopi yang bisa menghambat akumulasi racun dari protein yang dalam jangka panjang akan memicu kondisi diabetes. Di dalam tubuh lama kelamaan penumpukan racun protein ini akan mematikan sel-sel pankreas yang menghasilkan insulin.

Seperti diketahui diabetes tipe 2 terjadi karena tubuh tidak bisa menggunakan insulin. Nah, ekstrak kopi juga akan mencegah terganggungnya sel yang memproduksi insulin.

Ekstrak kopi, yakni kafein, asam cafeic dan asam chlorogenic, merupakan tiga senyawa yang bertanggung jawab pada dampak preventif diabetes ini. "Ketiga senyawa ini bisa mengubah proses toksik protein," kata Kun Huang dari Huazhong University of Science and Technology.

Dalam penelitian di laboratorium ketiga komponen tersebut menunjukkan hasil yang positif. Tetapi yang efektivitasnya paling tinggi ternyata adalah kopi non kafein atau kopi decaf.

"Dalam kopi defac, kandungan asam caffeic dan asam chlorogenic-nya paling tinggi dibandingkan kopi biasa sehingga kadar kafeinnya lebih sedikit," paparnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com