Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Nikmat Makan Cokelat

Kompas.com - 20/01/2012, 17:37 WIB

KOMPAS.com - Tak berlebihan rasanya jika dikatakan cokelat merupakan makanan surgawi. Makan cokelat memberikan sensasi tersendiri. Tak hanya itu, cokelat juga menimbulkan perasaan bahagia, bagi mereka yang mengasupnya juga tentunya menyenangkan rasanya ketika Anda menerima hadiah satu kotak cokelat, bukan?

Salah satu alasan mengapa banyak orang suka cokelat adalah karena cokelat memproduksi efek rasa gembira setelah Anda memakannya.

Dr John Ashton, PhD, FRACI, ilmuwan makanan dasar, dan menantunya Suzy Ashton, B,Ed, dalam bukunya, Siapa Bilang Cokelat Bikin Gemuk? menjelaskan cokelat mengandung phytokimia bernama feniletilamin (PEA). Senyawa ini termasuk di dalam kelompok bahan kimia yang disebut endorfin. Bahan ini memiliki efek stimulasi pada otak.

Saat dilepaskan ke dalam aliran darah, bahan kimia menyerupai endorfin akan meningkatkan suasana hati. Lalu terciptalah perasaan dan energi positif berupa eforia hingga rasa bahagia. Cokelat juga dapat meningkatkan energi dan kewaspadaan mental Anda.

Kandungan dalam cokelat itu sendiri sudah memberikan kontribusi berupa perasaan bahagia dan positif. Jika ditambah dengan cara makan yang tepat, cokelat dapat memberikan pengalaman sensual yang tak terlupakan.

Ashton menyarankan, agar benar-benar dapat dinikmati, cokelat harus disimpan dalam suhu kamar 19-25 derajat celcius. Lantas saat memakannya, perhatikan sejumlah cara ini.

Cokelat tawar

Untuk cokelat tawar, cicipi dan masukkan cokelat ke dalam mulut selama beberapa saat guna menikmati rasa dan aroma asli cokelat. Kemudian, mulailah menggigit dan mengunyahnya perlahan, untuk merasakan aroma kedua. Lalu, biarkan cokelat meleleh di langit-langit dan sisi mulut serta lidah Anda, sehingga Anda dapat mengalami sensasi segala rasa yang terdapat dalam satu cokelat. Saat cokelat meleleh, biarkan rasa ini bertahan dalam mulut.

Para ahli mengatakan, cokelat harus dimakan perlahan, dalam jumlah kecil, dan harus dinikati. Bahkan menurut Ashton, menikmati cokelat menjadi sebuah seni. Hampir sama seperti mencicipi anggur dan secangkir kopi nikmat.

"Cokelat adalah makanan yang membawa begitu banyak kenikmatan bila dimakan dengan cara yang tepat," jelasnya.

Cokelat isi

Untuk cokelat yang memiliki isi tambahan, rasanya sedikit berbeda. Para ahli menyarankan, saat makan cokelat dengan isi tambahan, biarkan cokelat dalam mulut beberapa waktu untuk melepaskan rasa asli dan aromanya.

Kemudian, kunyah cokelat hingga lima kali untuk mencapur cokelat dan isinya. Biarkan campuran ini meleleh perlahan agar Anda dapat menikmati sensasi rasa baru yang dihasilkan dari percampuran cokelat dan isinya. Anda harus membiarkan rasa ini menetap dalam mulut sebelum menelannya.

"Pola, warna,  dan jenis bahan cokelat dapat memberikan kenikmatan tersendiri. Cokelat mengandung pesan sukacita, cinta, persahabatan, dan kegembiraan. Cokelat benar-benar merupakan makanan surgawi," ungkap Ashton.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com